Sejarah Kerajaan Majapahit Paling Lengkap Bedasarkan Data

Posted on

Sejarah Kerajaan Majapahit.- Berbicara tentang kerajaan tradisional bercorak Hindu-Budha, ada banyak sekali kerajaan Hindu atau Budha di Indonesia. Keberadaan kerajan Hindu-Budha di Indonesia tidak lepas dari pengaruh penyebaran agama Hindu-Budha di nusantara. Salah satu kerajaan Hindu atau Budha yang harus kalian ketahui adalah kerajaan Majapahit.

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan bercorak Hindu yang terletak di Trowulan, Jawa Timur. Bagaimana sejarah berdirinya kerajaan Majapahit? Bagaimana kondisi sosial, politik, ekonomi, maupun kebudayaan pada masa Kerajaan Majapahit? Siapa saja raja yang pernah berkuasa di Kerajaan Majapahit? Nah, Agar kalian lebih mengenal tentang kerajaan majapahit, kita simak penjelasan berikut ini ya…

Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit

Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit
image by: goodnewsfromindonesia.id

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan Hindu yang berpusat di daerah Trowulan, Jawa Timur. Awal mula berdirinya kerajaan ini adalah sejak dinobatkannya raja pertama yaitu Raden Wijaya yang berkuasa pada tahun 1293-1309 M. Raden Wijaya dinobatkan pada 10 November 1293 M. Kekuasaan Kerajaan Majapahit berlangsung sejak 1293 M hingga 1500 M.

Berdasarkan fakta sejarah, Kerajaan Majapahit merupakan kelanjutan dari Kerajaan Singasari. Raden Wijaya yang merupakan pendiri Kerajaan Majapahit adalah pangeran dari Kerajaan Singasari.

Sebelum berdirinya Kerajaan Majapahit, Kerajaan Singasari merupakan kerajaan yang berjaya di Pula Jawa. Hal ini menyebabkan ketertarikan Kubilhai Khan untuk menguasai kerajaan Singasari yang saat itu dipimpin oleh Kertanegara. Selanjutnya, kekuasaan Kerajaan Singasari diduduki oleh Jayakatwang yang memperoleh kekuasaan dengan membunuh Kertanegara.

Atas tindakan Jayakatwang tersebut, Raden Wijaya yang merupakan menantu dari Kertanegara berniat membalas dendam pada Jayakatwang. Akan tetapi, atas saran Arya Wiraraja yang merupakan bupati pada masa pemerintahan Kertanegara, Raden Wijaya disarankan untuk berpura-pura mengabdi pada Jayakatwang.

Raden Wijaya menyusun rencana untuk menguasai Kerajaan Singasari dengan meminta Jayakatwang untuk membuka daerah Hutan Tarik di Kediri. Nah, daerah inilah yang selanjutnya disebut dengan nama Majapahit.

Setelah menguasai hutan tarik, Raden Wijaya bersiap untuk menyerang Singasari. Ketika akan menyerang Singasari, Kubilhai Khan mengirim pasukan mongol untuk menghukum Kertanegara. Pada situasi inilah, Raden Wijaya memanfaatkan kesempatan untuk menyerang Jayakatwang dengan berpura-pura membantu Kubilhai Khan.

Setelah berhasil menghancurkan Kediri, Raden Wijaya memaksa tentara mongol untuk kembali ke negaranya. Hal ini berhasil ia lakukan dengan bantuan Arya Wiraraja yang saat itu mengerahkan pasukannya dari Madura.

Nah, jadi begitulah awal mula berdirinya kerajaan Majapahit. Sekarang kalian jadi lebih mengenal tentang sejarah berdirinya Kerajaan Majapahit kan? Selanjutnya, kita bahas tentang kehidupan pada masa Kerajaan Majapahit. Selanjutnya, kita bahas tentang kehidupan pada masa Kerajaan Majapahit yuk!

Kehidupan Politik, Sosial-Ekonomi, dan Kebudayaan pada Masa Kerajaan Majapahit

sosial ekonomi kerajaan majapahit
image by: wikimedia.org

A. Kehidupan Politik

Keadaan politik yang tercatat dalam Sejarah Kerajaan Majapahit dapat dilihat dari masa pemerintahan raja-raja yang pernah berkuasa. Berikut ini adalah raja yang pernah berkuasa pada masa Kerajaan Majapahit:

Keadaan politik Kerajaan Majapahit dapat dilihat dari masa pemerintahan raja-raja yang pernah berkuasa. Berikut ini adalah raja yang pernah berkuasa pada masa Kerajaan Majapahit:

1. Raden Wijaya (1293-1309)

raden wijaya
image by: historia.id

Raja pertama sekaligus pendiri Kerajaan Majapahit. Pada masa pemerintahannya Kerajaan Majapahit mengalami pemberontakan yang dilakukan sahabat-sahabatnya. Di sisi lain pada masa pemerintahan Raden Wijaya yang saat itu memiliki gelar Kertarajasa juga mengalami kejayaan di bidang perdagangan. Hal ini terlihat dari dimilikinya pelabuhan penting seperti Tuban, Surabaya, Gresik, dan Canggu yang saat itu dikuasai oleh Kerajaan Majapahit.

Raden Wijaya wafat pada tahun 1309 M dan kepemimpinan dilanjutkan oleh putranya yaitu Jayanegara.

2. Sri jayanegara (1309-1328)

Sri jayanegara
image by: dictio.id

Pada masa pemerintahan Jayanegara terjadi pemberontakan dimana-mana. Pemberontakan yang paling berbahaya adalah pemberontakan Kuti pada tahun 1319. Jayanegara terpaksa mengungsi ke Badander karena ibu kota Negara diduduki oleh pasukan Kuti.

Berkat kegigihan Gajah Mada yang menyusun strategi perlawanan terhadap pasukan Kuti, Jayanegara dapat kembali bertakhta. Masa pemerintahan Jayanegara berakhir setalah ia terbunuh oleh Tanca (tabib kerajaan) pada tahun 1328 M.

3. Tribhuwanatunggadewi (1328-1350)

Tribhuwanatunggadewi
image by: boombastis.com

Tribhuwanatunggadewi merupakan anak perempuan dari Jayanegara. Masa kepemimpinan Tribhuwanatunggadewi dihiasi oleh intrik politik baik dari luar maupun dari dalam kerajaan itu sendiri. Selama masa pemerintahannya terjadi pemberontakan Sadeng dan Keta di daerah Besuki pada tahun 1331.

Pemberontakan tersebut dapat dikalahkan oleh Gajah Mada, yang kemudian diangkat sebagai Mahapatih Kerajaan Majapahit. Turunya takhta Tribhuwanatunggadewi berakhir saat kematian ibunya tahun 1350.

4. Hayam Wuruk (1350-1389)

Hayam Wuruk naik tahkta menggantiakn ibunya yaitu Tribhuwanatunggadewi. Pada masa kepemimpinan Hayam Wuruk inilah Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaan. Hayam Wuruk yang dibantu Gajah Mada berhasil menguasai wilayah yang sangat luas bahkan melibihi wilayah Republik Indonesia saat ini.

Dalam Kakawin Nagarakertagama pupuh XIII-XV, dijelaskan bahwa wilayah kekuasan Majapahit meliputi Kalimantan, Sulawesi, Semenanjung Malay, Tumasik (Singapura), hinga sebagian Kepulauan Filipina.

Sepeninggal Gajah Mada pada tahun 1364 M, Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran. Hayam Wuruk kesulitan mencari pengganti Gajah Mada, baru setelah tiga tahun ia digantikan oleh Gajah Enggon. Masa pemerintahan Hayam Wuruk berakhir setelah ia meninggal pada tahun 1389 M dan digantikan oleh Wikramawardhana.

 KAMU HARUS TAHU!

Fakta Menarik tentang Kerajaan Majapahit yang harus kamu ketahui

  • Semboyan bangsa Indonesia yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”, berasal dari masa Kerajaan Majapahit lho. Frasa ini dituliskan oleh Mpu Tantular dalam kitabnya Sutasoma. Memiliki makna “Berbeda-beda tetapi tetap satu”, frasa ini berasal dari bahasa jawa kuno.
  • Kerajaan Majapahit memiliki patih kerajaan yang sangat terkenal lho, bahkan namanya diabadikan menjadi nama salah satu universitas negeri di Yogyakarta. Kalian tahu kan siapa namanya? Iya, patih Gajah Mada. Gajah Mada adalah patih yang sangat terkenal pada masa Kerajaan Majapahit.
  • Kalian pernah dengar Sumpah Palapa kan? Sumpah ini diikrarkan oleh Mahapatih Gajah Mada yang berisi bahwa ia tidak akan beristirahat jika belum menyatukan Nusantara. 

Kehidupan Sosial-Ekonomi

Masa kejayaan Kerajaan Majapahit dalam bidang sosial-ekonomi berlangsung pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Hal ini dapat dilihat dari kemajuan di bidang perdagangan yaitu dengan adanya pelabuhan Hujung Galuh dan Tuban yang saat itu menjadi tempat singgah kapal-kapal dari berbagai negara.

Kehidupan ekonomi Majapahit mencapai kemakmuran karena kemajuan pertanian di Lembah Sungai Berantas dan dikuasainya jalur perdagangan rempah-rempah di Maluku. Kemajuan bidang ekonomi Kerajaan Majapahit mendorong kebutuhan pecahan uang receh untuk mendukung aktivitas ekonomi di pasar. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Kerajaan Majapahit mengimpor uang keping perunggu dari cina.

Kehidupan Kebudayaan

kebudayaan majapahit
image by: waktuku.com

Kebudayaan dan sastra Kerajaan Majapahit mencapai kejayaan pada masa Hayam Wuruk. Misalnya, pada tahun 1365 Mpu Prapanca menulis kitab Nagarakertagama  serta Mpu Tantular yang menulis kitab Sutasoma dan Arjunawijaya. Peninggalan kebudayaan Kerajaan Majapahit tidak hanya dalam bentuk karya sastra, tetapi juga berupa peninggalan bangunan yaitu candi. Candi peninggalan Kerajaan Majapahit misalnya Candi Tigawangi, Candi Tikus, dan Candi Jabung.

Hal yang paling menonjol dalam kehidupan kebudayaan masa Kerajaan Majapahit adalah kemajemukan dan kerukunan antar umat beragama. Pada masa itu, perbedaan agama, budaya, maupun adat istiadat merupakan hal yang biasa. Toleransi dan kerukunan antar umat beragama menjadi kunci kejayaan dan kemakmuran Kerajaan Majapahit.

KAMU HARUS TAHU!

buah mojo

image by: goodnewsfromindonesia.idBuah Mojo merupakan buah langka yang tumbuh di sekitar Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Buah ini adalah buah yang bersejarah lho. Pasalnya, ketika Raden Wijaya hendak membabat hutan Tarik di Kediri, para pasukan yang lapar mencoba mencari makanan dan ditemukanlah buah ini. Karena rasa buahnya yang pait, penjaga tanpa sadar mengatakan Mojo pahit.

Karena buah ini banyak tumbuh di sekitar hutan, maka tempat tersebut dinamakan Mojopahit. Jadi, begitulah awal mula nama Kerajaan Majapahit tercipta. 

Setelah membaca penjelasan di atas, kalian jadi lebih mengenal Sejarah Kerajaan Majapahit dan kehidupan pada masa itu kan? Semoga penjelasan di atas memberikan manfaat untuk kalian ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *