Online Shop Harus Tahu Pengertian Reseller, Dropshiper & Supplier

Posted on

Pengertian Reseller, Dropshiper & Supplier perlu dipahami betul apabila hendak bergelut di bidang atau bisnis online shop. Karena meski sama-sama tentang jual beli barang, ketiga istilah ini memiliki konsep yang berbeda. Namun, penggunaannya dapat dilakukan secara bersamaan tergantung kebutuhan dan keinginan pemilik bisnis online shop.

Beberapa orang masih belum benar-benar mengerti mengenai perbedaan reseller, dropship dan juga supplier. Sehingga banyak pula terjadi miss komunikasi antar pedagang online yang paham istilah dengan pedagang online yang belum paham. Perbedaan pemahaman ini dapat mempengaruhi kualitas dan kepercayaan pada bisnis online shop. Oleh karena itu, di bawah ini akan dibahas lebih lengkap mengenai pengertian reseller, dropshiper & supplier.

Memahami Pengertian Reseller, Dropshiper & Supplier

pengertian reseller

Berbisnis dagang di ranah online atau disebut online shop bukan hanya soal menjual barang secara online. Tetapi juga harus benar-benar paham konsep jualan online dan apa saja istilah-istilah dalam online shop. Begitu juga dengan pengertian tiga istilah penting yaitu pengertian reseller, dropshiper & supplier. Untuk memperbaiki kualitas dagang dan menghindari miss komunikasi yang mungkin terjadi karena perbedaan pemahaman, simak baik-baik penjelasan di bawah ini:

  1. Reseller

Reseller merupakan kegiatan bisnis dagang yang dilakukan dengan menjual kembali barang yang dibeli dari supplier atau distributor. Istilah ini cukup mudah dipahami dengan mengartikannya per kata (re: kembali; sell: menjual; er: kata ganti user). Jadi, reseller artinya orang yang menjual kembali. Dengan kata lain, orang ini tidak membuat atau memproduksi barang jualannya. 

  1. Dropship

Dropship hampir sama dengan reseller, karena konsepnya menjual kembali. Perbedaannya, dropship tidak perlu kulak dan memiliki atau menumpuk barang dagangannya seperti yang dilakukan reseller. Dropship di sini memiliki peran hampir sama dengan promotor, yaitu hanya perlu menawarkan katalog produk kepada pembeli. Jika pembeli tertarik dan memesan, dropship akan menghubungi pemilik produk (supplier/distributor/lainnya) lalu pemilik produk langsung mengirimkan ke alamat pembeli atas nama dropship.

  1. Supplier

Pengertian supplier adalah seseorang atau perusahaan yang menjalankan bisnis dengan membeli produk dari produsen dan menjualnya kembali ke toko atau retail atau pembeli/user.

Hampir sama dengan distributor, namun memiliki perbedaan dari segi barang yang dijual. Biasanya distributor membeli produk jadi, sedangkan supplier membeli produk mentah atau setengah jadi untuk diolah lagi. Namun pada kenyataannya, supplier juga ada yang memasok barang ke distributor, hal ini bersifat fleksibel.

 

Daftar Reseller/Dropship di Berbagai Marketplace

pengertian reseller

Nah, untuk menjadi reseller/dropship bisa memanfaatkan beberapa marketplace penjualan seperti Serbu.id, Tokopedia, Shopee dan lain sebagainya. Mendaftar di marketplace juga dapat meningkatkan penjualan bisnis karena biasanya konsumen lebih suka melakukan pencarian di beberapa marketplace tersebut.

 

  1. Serbu.id

serbu.id

Tak seperti marketplace gratis-an lainnya, untuk daftar jadi reseller di serbu.id ada biayanya yaitu sebesar 100 ribu rupiah. Tetapi selain mendapatkan uang dari keuntungan yang didapat, marketplace serbu.id juga berkomitmen menyediakan fasilitas dan pelayanan yang maksimal.Serbu.id juga berbagi banyak ilmu seperti Pengertian Reseller, Dropshiper & Supplier dan lainnya.

 

Cara mendaftar sebagai reseller di marketplace Serbu.id yaitu:

  • Masuk ke marketplace, atau klik link serbu.id
  • Di bagian kanan atas, klik pendaftaran
  • Isi format pendaftaran (nama, alamat email, No. Handphone/WhatsApp, alasan ingin jadi reseller serbu.id)
  • Klik centang kotak pada keterangan ‘saya setuju dengan syarat & ketentuan serbu.id’ dan ‘saya bukan robot’. Lalu centang kotak ‘I’m not a robot’.
  • Klik tombol kirim

Selanjutnya, tinggal tunggu saja verifikasi yang dikirim ke email. Setelah itu, akun serbu.id tersebut bisa digunakan untuk jualan dengan sistem reseller/dropship.

 

  1. Tokopedia

tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang sudah lama berdiri dan terkenal bahkan di Asia tenggara. Untuk menjadi reseller/dropship di tokopedia, tidak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran. Setelah memahami Pengertian Reseller, Dropshiper & Supplier, buatlah akun di Tokopedia lalu ikuti cara di bawah ini.

 

Cara menjadi reseller/dropship di Tokopedia, yaitu:

  • Masuk ke marketplace Tokopedia, atau klik link tokopedia.com
  • Pilih kategori produk yang diinginkan. Klik ‘lihat semua hot list ’
  • Sortir berdasarkan kota, harga, dan best seller
  • Tips: carilah vendor yang penjualannya di atas 50 pcs dan terdapat minimal 5 review dari pelanggan
  • Buatlah list vendor dan produk yang cocok, lalu hubungi semuanya untuk kerja sama jadi reseller/dropship

 

  1. Shopee

shopee.co.id

Meski tergolong baru, Shopee merupakan salah satu marketplace yang berhasil melejit cepat dan banyak peminatnya. Selain pendaftaran akun yang gratis, Shopee juga menyediakan promo gratis ongkir (ongkos kirim). Inilah yang membedakan Shopee dengan marketplace lainnya.

Cara menjadi reseller/dropship di Shopee, yaitu:

  • Masuk ke marketplace Shopee, atau klik link shopee.co.id
  • Sebelumnya tentukan dulu barang yang akan dijual dan cari vendor atau supplier.
  • Buatlah akun shoppe, gunakan nama toko yang mudah diingat dan ditemukan
  • Aktifkan fitur gratis ongkir dengan cara kirim foto diri memegang KTP
  • Masukkan data bank sebagai alat pencairan dana
  • Isi alamat dengan alamat vendor/supplier
  • Upload foto dan berikan deskripsi lengkap

 

Itulah penjelasan mengenai Pengertian Reseller, Dropshiper & Supplier dan juga tata cara mendaftar sebagai reseller atau dropship. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *