√17+ Contoh Teks Observasi Lengkap dengan Penjelasannya

Posted on

Contoh teks observasi merupakan hal yang diperlukan ketika sudah selesai pengambilan data ke lapangan. Akhirnya, observasi ini akan ditulis sebagai pelaporan akhir untuk menjelaskan objek temuan di lapangan.

Observasi tentu mengacu pada banyak hal. Biasanya, saat ke lapangan sudah ada tabel observasi yang akan memudahkan pengamatan. Alhasil prosesnya lebih terstruktur.

Jika menelaah kembali kepada macam-macam teks, tentu jenisnya bukan hanya teks observasi, melainkan masih ada teks eksposisi, eksplanasi, dan lain sebagainya. Masing-masing akan mempunyai perbedaan karakteristik sehingga harus disesuaikan jika ingin menuliskan sesuatu. Harus ada pertimbangan di awal, harus menggunakan jenis penulisan teks yang mana.

Jika ingin memang ingin membuat teks yang lebih mengarah kepada penjelasan, maka silakan mencari contoh teks eksplanasi yang bisa dijadikan referensi. Hal tersebut akan membantu penulisan agar lebih baik. Alhasil, kualitas akan menjadi lebih baik juga.

Terkait dengan teks observasi, tentu saja ada banyak hal berkaitan yang bisa dijelaskan. Simak informasinya berikut ini.

Hal-Hal Terkait Teks Observasi yang Harus Diketahui Secara Luas

Pengertian Teks Observasi

Contoh Teks Observasi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang teks observasi, maka yang perlu diketahui adalah pengertian teks laporan hasil observasi itu sendiri yang mengacu pada definisinya. Adapun pengertiannya ialah sebuah bacaan yang di dalamnya berisikan  penjelasan dan beserta informasi mengenai suatu objek. Objek yang dimaksud memang sangat beragam, mulai dari hewan, tumbuhan lingkungan dan sebagainya.

Karena kebutuhan yang tinggi akan contoh teks observasi, maka tidak jarang banyak yang ingin mengetahuinya secara lebih mendetail supaya sajian teks observasinya bisa lebih menarik. Biasanya di dalam contoh akan ditemukan paparan subjek yang objektif dan juga sistematis. Semuanya akan dibuat berdasarkan hasil pengamatan dan juga fakta yang ada di lapangan.

Ketika menuliskan teks ini, tidak jarang juga banyak yang membutuhkan contoh teks eksposisi sebagai perbandingan guna memastikan bahwa laporan hasil observasi memang benar-benar ditulis berdasarkan kaidah penulisan laporan hasil observasi. Semakin tepat, maka akan semakin baik hasilnya.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Observasi

Berikutnya yang perlu dimasukkan dalam pembahasan adalah contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya. Namun tentu saja sebelum masuk ke contoh, harus terlebih dahulu memahami bagaimana struktur teks tipe observasi ini. Adapun beberapa strtukturnya ialah sebagai berikut:

  • Pernyataan umum atau yang disebut dengan klasifikasi. Biasanya, sebagai pembuka teks, bagian klasifikasi ini akan memberikan definisi maupun informasi mengenai hasil pengamatan yang telah dilakukan. Akan lebih jelas saat melihat contoh teks observasi.
  • Paragraf terdiri atas aspek yang dilaporkan. Adapun bagian telah tersusun atas rincian informasi dari hasil observasi yang memang sudah dikerjakan. Secara lebih mendetail, paragraf tersebut berisikan tentang klasifikasi maupun penggolongan. Ketika melihat contoh teks laporan hasil observasi singkat, maka hal ini akan lebih mudah untuk dimengerti.

Unsur dalam Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Observasi

Sebelum masuk ke pembahasan contoh teks observasi¸maka sebaiknya memahami unsur-unsurnya terlebih dahulu. Adapun beberapa unsur yang dimaksud dalam hal ini ialah sebagai berikut:

  • Sifatnya menyeluruh atau global, sehingga tidak akan condong kepada pihak maupun golongan apapun.
  • Merupakan hasil pengamatan yang terbaru.
  • Menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik, bukan bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.
  • Objek yang diamati haruslah merupakan objek tunggal.
  • Tidak terdapat bagian penutup dari pengarang teks.

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Observasi

Adapun hal yang membedakan contoh teks observasi dengan teks jenis lainnya ialah sebagai berikut:

  • Pertama harus bisa objektif. Hal disini ditekankan bahwa teks observasi ini bebas dari pengaruh-pengaruh tertentu yang tentu saja bisa mempengaruhi isi laporan. Untuk lebih jelasnya, nanti bisa melihat contoh teks hasil observasi beserta strukturnya.
  • Kedua harus faktual. Untuk mengartikan faktual ini memang cukup sederhana saja. Artinya, apa yang dituliskan haruslah sesuai dengan kenyataan di lapangan.
  • Ketiga sistematik. Dalam hal ini ditekankan bahwa urutan dan tata aturan perwajahan laporan sudah seharusnya menuruti kaidah yang ada.
  • Keempat harus ada objeknya. Tersedia banyak objek yang bisa dijadikan bahan observasi seperti hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya. Jika ingin melihat tentang hewan, maka bisa langsung mencari contoh teks laporan hasil observasi hewan. Hal ini tentu saja akan membantu.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Observasi

Ketika membahas mengenai contoh teks observasi maka sebaiknya diketahui terlebih dahulu tujuan teks observasi itu sendiri. Adapun beberapa tujuannya adalah sebagai berikut:

  • Menemukan cara maupun teknik yang baru dan belum pernah digunakan sebelumnya.
  • Mengambil keputusan yang lebih efektif dengan adanya observasi.
  • Mencari tahu perkembangan pada masalah tertentu.
  • Mengawasi dan juga memperbaiki.

Beberapa Contoh Teks Observasi yang Harus Diketahui

Contoh Teks Observasi Singkat

Adapun yang pertama adalah contoh teks hasil observasi singkat misalnya menjelaskan objek berupa hewan yaitu “Beruang madu hidup di atas pepohonan yang rindang. Mereka bisa  melakukan dengan kecepatan 48 kilometer/jam dan mempunyai tenaga yang sangat kuat. Karena tergolong mamalia, maka betina-betina beruang madu akan menyusui bayi mereka setelah beranak.

Contoh Teks Observasi Tentang Lingkungan

Hal selanjutnya yang perlu dimasukkan dalam pembahasan adalah contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan yang tentunya bisa dijadikan sebagai bahan referensi saat membuat teks serupa. Misalnya “ sungai Deli di Provinsi Sumatera penuh dengan sampah dan kualitas airnya tidak baik jika dikonsumsi. Hal ini merupakan dampak dari kurangnya kesadaran masyarakat terhadap sampah”.

Contoh Teks Observasi Tumbuhan

Objek lain yang tidak kalah sering dibahas dalam observasi adalah tumbuhan. Jadi tidak heran jika banyak yang mencari contoh teks observasi tentang tumbuhan. Dari sekian banyak contoh, tentu ada beberapa yang dirasa sistematis sehingga lebih dipilih untuk dijadikan contoh.

Berikut ini adalah contoh teks hasil observasi tumbuhan yang bisa dijadikan referensi ketika melakukan observasi terhadap objek yang sama yaitu tumbuhan. Contohnya ialah sebagai berikut:

Bunga bangkai bisa disebut dengan Rafflesia Arnoldy. Bunga ini merupakan salah satu tanaman langka yang ada di Indonesia. Ukurannya sangat besar dan bisa menjulang tinggi hingga 4 meter. Alasan penamaan bunga bangkai disebabkan oleh bau busuk yang menyengat padanya.

Walaupun demikian, bau ini mempunyai dua peran yang sangat penting, yakni sebagai perlindungan dan juga penarik perhatian serangga yang akan membantu proses penyerbukan. Ketika mekar, kelopak luar dari bunga bangkai terlihat berwarna putih, sedangkan bagian mahkotanya akan berwarna merah keunguan.

Terkait dengan contoh teks observasi tentang tumbuhan di atas, bisa dilihat bahwa apa yang disajikan merupakan sejumlah fakta yang tersusun sistematis sehingga menggambarkan apa adanya keadaan suatu objek. Tidak melebih-lebihkan dan tetap dipahami dengan mudah oleh pembaca adalah target tersendiri.

Ketika sudah bisa memahami contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan, maka bisa memahami berbagai contoh untuk objek berbeda lainnya. Misalnya saja tentang alam, lingkungan atau bahkan hewan sekalipun.

Demikian artikel kali ini tentang contoh teks observasi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *