√ 23+ Contoh Teks Negosiasi Beserta Teknik Negosiasi Lengkap

Posted on

Negosiator adalah orang yang melakukan negosiasi. Seseorang akan dikatakan sebagai negosiator andal apabila dia berhasil memenangkan negosiasi tanpa menimbulkan masalah antara dirinya dengan lawan bicaranya. Karena itu, setiap orang yang bermimpi untuk bekerja di suatu bidang yang mengharuskannya sering melakukan negosiasi harus paham banyak hal tentang negosiasi berikut dengan contoh teks negosiasi.

Artikel Terkait : √19+ Contoh Teks Eksplanasi Terlengkap Beserta Strukturnya

Pengertian Negosiasi

Negotiation

Arti Kata Negosiasi. Berdasarkan pada KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, negosiasi itu berarti proses tawar menawar dengan cara berunding dalam rangka untuk mencapai kesepakatan bersama diantara satu pihak dengan pihak yang lainnya. Sementara jika melihat pada kamus Oxford, negosiasi ini berarti suatu cara yang ditempuh dalam upaya untuk mencapai suatu kesepakatan dengan melalui diskusi formal.

Sementara untuk teks negosiasi ialah naskah yang menunjukkan tentang proses tawar menawar antara satu pihak dengan pihak lain dalam rangka mencapai kesepakatan yang bisa menguntungkan keduanya.

Teks negosiasi ini sangat berbeda dengan contoh teks yang lainnya, termasuk contoh teks eksposisi dan contoh teks anekdot. Hal ini dikarenakan teks negosiasi tersebut mempunyai struktur tersendiri yang khas dan tidak dimiliki oleh jenis teks lainnya.

Struktur Teks Negosiasi

  • Pembukaan

Jika Anda mengumpulkan berbagai contoh teks negosiasi, coba amati bagaimana strukturnya. Biasanya, struktur teks negosiasi ini terdiri atas tiga bagian, dimana bagian yang pertama ialah pembukaan. Pada bagian pembukaan ini terdapat kalimat pembuka, bisa berupa salam, perkenalan diri maupun yang lain-lainnya.

  • Isi

Setelah selesai dengan bagian pembuka dan berbagai basa basi lainnya, biasanya akan langsung dilanjutkan dengan bagian isi. Pada bagian isi ini langsung disampaikan maksud dan tujuan dilakukannya negosiasi.

  • Penutup

Kemudian sebagai akhir dari proses negosiasi, akan dilanjutkan dengan bagian penutup. Bagian ini adalah bagian paling akhir yang akan dilalui apabila kedua belah pihak sudah mencapai kesepakatan.

Struktur contoh teks negosiasi di atas biasanya hanya dipakai pada saat melakukan negosiasi dalam hal selain jual beli, karena untuk jual beli strukturnya lebih komples yang meliputi orientasi sebagai awal dilakukannya negosiasi, permintaan, pemenuhan, kemudian dilanjutkan dengan penawaran, kemudian persetujuan yang diikuti oleh proses transaksi pembelian dan diakhiri dengan penutup.

Teknik Negosiasi

  • Pahami Tujuan Melakukan Negosiasi

Seorang negosiator akan sedikit mempunyai keunggulan apabila dia paham dan tahu apa yang sebenarnya diinginkan oleh pihak lawan. Tetapi bukan hanya itu saja, negosiator yang bersangkutan juga perlu memahami kenapa dia mau melakukan negosiasi dengan pihak lawan tersebut.

  • Kendalikan Emosi dan Tetaplah Bersikap Tenang

Jika proses negosiasi berjalan alot atau bahkan seolah tidak akan menunjukkan hasil sesuai dengan yang diharapkan, sebaiknya negosiator tetap bersikap tenang. Kendalikan emosi dengan baik supaya rasa tidak nyaman ini sampai muncul ke permukaan. Karena jika sampai hal tersebut terjadi, dan pihak lawan mengetahuinya, ini justru memperbesar peluang lawan untuk menang.

  • Keluarkan ‘Senjata’ Andalah di Waktu yang Tepat

Seorang negosiator yang ulung pasti tidak akan langsung menunjukkan senjatanya begitu saja terutama pada saat awal pembicaraan. Dia pasti akan mengeluarkan kartu AS tersebut pada saat yang tepat sehingga potensinya untuk memenangkan lawan semakin besar. Lalu kapan saat yang tepat itu? Ini tidak dapat ditentukan karena bergantung pada kondisi saat negosiasi tersebut dilakukan.

Tujuan Negosiasi

Tujuan negosiasi

  • Untuk Mencapai Kesepakatan

Pada saat Anda membaca contoh teks negosiasi, Anda pasti tahu bahwasanya tujuan negosiasi yang pertama ialah mencapai kesepakatan. Kesepakatan yang dimaksud di sini ialah yang mengandung persetujuan, saling pengertian serta kesamaan persepsi.

  • Untuk Mencapai Kondisi Saling Menguntungkan

Sementara tujuan yang kedua ialah untuk mencapai kondisi saling menguntungkan untuk semua pihak yang melakukan negosiasi, sehingga potensi untuk terjadinya masalah di kemudian hari bisa dihindari.

Contoh Teks Negosiasi

contoh teks negosiasi

Contoh Teks Negosiasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ibu                  : “Pak, kalau ke Jl. Diana yang di depan itu berapa ya ongkosnya?”

Tukang becak: “Sepuluh ribu saja, Bu.”

Ibu                  : “Mahal ya. Lima ribu saja bagaimana, Pak? Kan dekat.”

Tukang Becak: “Ya sudah, kalau begitu”

Contoh Teks Negosiasi Di Lingkungan Keluarga

Anak   : “Pak, saya lanjut di sana ya?”

Bapak : “Kenapa tidak di SMK saja? Bapak inginnya kamu sekolah di sana.”

Anak   : “Alasannya apa pak?”

Ayah   : “Biar nanti bisa nerusin usaha bapak.”

Anak   : “Baiklah kalau begitu.”

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli HP

Contoh Teks Negosiasi Panjang Jual Beli HP yang Pertama

Pembeli: “Mas, HP yang ini maharnya berapa ya?”

Penjual: “Kalau yang ini satu juta setengah, Mas.”

Pembeli: “Boleh kurang nggak, Mas?

Penjual: “Boleh, tapi sedikit. Mau nawar berapa memangnya?”

Pembeli: “Satu juta dua ratus gimana, Mas?”

Penjual: “Belum boleh segitu, ini keluaran terbaru soalnya. Lebih oke dari generasi yang sebelumnya.”

Pembeli: “Satu juta dua ratus lima puluh, gimana?”

Penjual: “Maaf, belum boleh. Begini saja, satu juta empat ratus, saya lepas.”

Pembeli: “Boleh kurang lagi nggak, Mas?”

Penjual: “Wah maaf, itu sudah saya kurangi.”

Pembeli: “Ya sudah, deh, saya ambil yang ini.”

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli HP yang Kedua

Pembeli: “Mbak, HP yang unik ini berapa ya?”

Penjual: “Kalau ini masih satu juta, kak.”

Pembeli: “Masa? Modelnya cuma kayak gitu satu juta?”

Penjual: “Iya, kak. Harga segitu sudah murah. Modelnya memang biasa, tapi fiturnya banyak. Ada bonusnya lagi.”

Pembeli: “Bonusnya apa saja kalau boleh tau?”

Penjual: “Gratis pelindung layar sama tongsis. Bagaimana?

Pembeli: “Ya sudah, deh, saya ambil yang ini.”

Contoh Teks Negosiasi di Sekolah

Contoh Teks Negosiasi Tentang Mengerjakan Tugas

Siswa 1: “Hey, nanti sore kerjain tugas yuk?”

Siswa 2: “Saya setuju.”

Siswa 3: “Tapi, nanti di rumah sedang repot.”

Siswa 2: “Besok?.”

Siswa 1: “Saya sih setuju saja.”

Siswa 3: “Baiklah saya juga setuju.”

Siswa 1: “Oke.”

Contoh Teks Negosiasi Menjenguk Teman yang Sakit

Andri: “Dito sakit. Kamu mau ikut aku ke rumahnya?

Dian: “Jam berapa memangnya?”

Andri: “Sekitar jam 3, setelah sholat ashar.”

Dian: “Wah, bagaimana kalau jam 4 saja? Jam segitu aku masih ngaji.”

Andri: “Baiklah kalau begitu. Ketemu di rumahku ya.”

Dian: “Oke.”

Contoh Teks Negosiasi dalam Bentuk Narasi

Contoh Teks Negosiasi dalam Bentuk Narasi yang Pertama

Seperti biasa, ibu Ani berbelanja sayur dan lauk pauk di tukang sayur keliling yang lewat di depan rumahnya. Pagi itu, ibu Ani ingin beli bayam dan jagung muda sebagai sayur. Ibu Asri kemudian menanyakan harga bayam dan jagung tersebut. Tetapi ibu Ani kurang cocok dengan harganya yang jika ditotal mencapai Rp 7.000. Ibu Ani kemudian menawar harganya menjadi Rp 5.000 saja karena hanya dua jenis sayur saja yang dibeli.

Tukang sayur merasa keberatan, karena keuntungan yang dia dapat masih harus dipakai buat beli bensin nanti. Makanya dia minta ibu Ani untuk menaikkan harganya menjadi Rp 6.000. Ibu Ani ternyata tidak keberatan dengan harga tersebut sehingga ibu Ani langsung membayarnya.

Contoh Teks Negosiasi dalam Bentuk Narasi yang Kedua

Pagi itu, ayah berencana pergi ke rumah paman jam 10. Ayah mengajak Andi untuk menemaninya. Ternyata pada saat itu, Andi ternyata mempunyai rencana untuk mengerjakan tugas kelompok bersama teman-temannya, dan kemungkinan baru akan selesai jam 12 siang. Tetapi, Andi masih ingin ikut ke rumah paman karena dia sudah lama tidak datang ke sana.

Andi kemudian meminta ayah untuk mengundur keberangkatan menjadi jam 2 siang. Namun, pada jam tersebut ternyata ayah ingin pergi ke pasar. Setelah berunding, ayah dan Andi kemudian memutuskan untuk pergi ke rumah paman minggu depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *