√ 15+ Contoh Teks Eksposisi Singkat | Terbaik & Terlengkap

Posted on

Berbicara tentang jenis-jenis teks, tentu kalian sudah tidak asing dengan jenis teks eksposisi ya? Jika belum pernah mendengar, setidaknya kalian pasti pernah membaca jenis teks tersebut. Artikel di surat kabar, majalah, maupun portal berita online adalah salah satu contohnya. Tapi, apa sih pengertian teks eksposisi dan seperti apa contohnya? Biar kalian makin tahu, kita simak penjelasan beserta contoh teks eksposisi berikut ini yuk.

Pengertian & Ciri-ciri Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks yang berisi informasi berupa gagasan maupun fakta-fakta yang dibuat dengan tujuan menjabarkan suatu hal. Teks ini dibuat dengan maksud memberikan informasi yang singkat, valid, dan akurat.

Artikel Terkait : √19+ Contoh Teks Eksplanasi Terlengkap Beserta Strukturnya

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Nah, jika kalian masih kebingungan mengenali teks eksposisi, kalian bisa mengenali dengan melihat ciri-ciri teks tersebut. Apa saja sih ciri-cirinya?

  1. Gaya bahasa yang digunakan dalam teks eksposisi bersifat informatif dan persuasif.
  2. Informasi yang disajikan dalam teks eksposisi berupa fakta dan memiliki dasar ilmiah.
  3. Teks eksposisi berisi informasi yang dilengkapi dengan data-data yang akurat. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat argumen yang dibuat oleh penulis.
  4. Informasi yang disajikan bersifat objektif. Hal ini berarti bahwa informasi yang ada dalam teks eksposisi tidak memihak siapapun. Penulis tidak dapat memasukkan informasi sesuai keinginannya ya, melainkan harus sesuai fakta.
  5. Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku serta disampaikan dengan jelas. Teks eksposisi dibuat dengan menggunakan bahasa yang formal ya, bukan menggunakan bahasa santai yang kita gunakan sehari-hari.

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi

unsur teks eksposisi

Dalam teks eksposisi terdapat unsur-unsur kebahasaan yang menyusun teks tersebut. Apa saja sih unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksposisi? Unsur-unsur tersebut meliputi pronomina, kungjungsi dan kata leksikal. Untuk penjelasan lebih lanjut, kita simak uraian di bawah ini yuk.

  1. Pronomina

Pronomina yaitu kata ganti orang yang biasa digunakan dalam sebuah kalimat. Pronomina sendiri dikelompokkan ke dalam beberapa jenis ya, yaitu pronomina persona dan nonpersona. Pronomina persona meliputi persona tunggal yaitu ia, dia, anda, aku, saudara, -mu, -ku dan persona jamak yaitu kita, mereka, kalian, dll.

  1. Konjungsi

Konjungsi adalah kata hubung yang berfungsi untuk menghubungkan dua kalimat atau lebih. Jenis konjungsi antara lain, konjungsi waktu (setelah, lalu, kemudian), konjungsi tujuan (agar, untuk, supaya), konjungsi perbandingan (serupa, bagaikan, seperti), dan konjungsi pilihan (atau).

  1. Kata leksikal

Nah, kata leksikal yang ada dalam teks eksposisi bisa kalian simak pada penjelasan di bawah ini ya:

  • Verba, yaitu kata yang digunakan untuk merujuk suatu perbuatan, keadaan ataupun proses.
  • Nomina, yaitu kata yang digunakan untuk menunjukkan suatu benda.
  • Adjektiv, yaitu kata yang digunakan untuk menunjukkan sifat, baik itu sifat suatu benda maupun sifat yang dimiliki manusia.
  • Adverbia, adalah kata yang digunakan untuk merujuk keterangan baik keterangan waktu, tempat maupun suasana.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

jenis teks eksposisi

Oh ya, teks eksposisi sendiri memiliki beberapa jenis lho. Setiap jenis teks eksposisi memiliki ciri-ciri yang tentu berbeda satu sama lain. Apa saja sih jenis-jenis teks eksposisi? Ini di jenis-jenisnya:

  • Teks Eksposisi Definisi

Jenis pertama dari teks eksposisi adalah teks eksposisi definisi. Kalian barangkali pernah membaca artikel yang berisi tentang pengertian atau makna suatu istilah? Nah, bisa jadi artikel yang kalian baca adalah contoh dari teks eksposisi definisi. Teks eksposisi sendiri diartikan sebagai teks yang menjelaskan tentang definisi atau pengertian suatu istilah tertentu.

  • Teks Eksposisi Pengerjaan

Teks eksposisi pengerjaan disebut juga dengan teks eksposisi proses. Jika kalian menemukan teks yang berisi cara atau tahapan melakukan sesuatu seperti proses pembuatan pupuk, proses pembuatan telur asin, ataupun proses penguraian sampah, itulah contoh-contoh dari teks eksposisi proses atau pengerjaan. Karena teks eksposisi pengerjaan sendiri diartikan sebagai teks yang berisi tentang tahapan atau proses dalam melakukan suatu hal yang disusun secara runtut dan rinci.

  • Teks Eksposisi Gambaran

Adapun teks eksposisi gambaran merupakan jenis teks ekposisi yang bertujuan memberikan gambaran tentang suatu topik yang memiliki kemiripan dengan topik lainnya.

  • Teks Eksposisi Laporan

Sesuai dengan namanya, teks eksposisi laporan bertujuan untuk memberikan laporan tentang suatu kejadian atau peristiwa tertentu. Teks eksposisi laporan biasanya mudah ditemui dalam surat kabar ataupun portal berita online.

  • Teks Eksposisi Perbandingan

Kalau teks eksposisi perbandingan, kalian sudah tahu belum? Jenis teks ini bertujuan untuk memaparkan suatu gagasan dengan membandingkan antara satu topik dengan topik yang lain.

  • Teks Eksposisi Pertentangan

Jenis teks ini berisi informasi mengenai suatu hal yang dipertentangkan dengan hal lainnya. Biasanya penulis memilih satu topik tertentu yang dikemudian dipertentangkan dengan topik lainnya.

Tujuan Teks Eksposisi

tujuan teks eksposisi

Sebenarnya, apa sih tujuan teks eksposisi? Setelah menyimak beberap penjelasan di atas kalian mulai sedikit tahu dong apa tujuan dari teks ini? Jenis teks ini bertujuan untuk:

  • Menjelaskan atau memaparkan suatu hal yang bersifat informatif sehingga pembaca memiliki pengetahuan baru.
  • Menguraikan suatu topik yang sedang hangat diperbincangkan dalam bentuk teks sederhana yang dilengkapi dengan data-data pendukung yang akurat.
  • Memberikan gambaran mengenai suatu kejadian atau peristiwa dengan bahasa yang mudah dipahami.
  • Memberikan penafsiran yang objektif tentang suatu topik berdasarkan data dan fakta yang ada.

Struktur Teks Eksposisi

struktur teks eksposisi

Tesis atau pernyataan pendapat

Bagian awal dari teks eksposisi adalah tesis atau pernyataan pendapat. Tesis berisi tentang pandangan atau pendapat penulis yang diuraikan secara jelas. Bagian ini merupakan sudut pandang penulis dalam menanggapi topik yang akan dibahas dalam paragraf eksposisi yang dibuatnya. Tesis dibuat dalam bentuk pernyataan, yang pada bagian selanjutnya akan didukung dengan data-data yang sesuai pembahasan.

Argumentasi

Bagian selanjutnya adalah argumentasi. Nah, argumentasi inilah yang berperan dalam mendukung pernyataan yang dibuat oleh penulis dalam bagian tesis atau pernyataan pendapat. Argumentasi sendiri berisi tentang data atau yang memperkuat pendapat penulis.

Penegasan ulang

Bagian terakhir dari teks eksposisi adalah penegasan ulang. Bagian ini merupakan kesimpulan yang dibuat berdasarkan pernyataan dan data yang telah diuraikan pada bagian sebelumnya. Bagian ini merupakan penegasan ulang dari sudutu pandang yang dibuat penulis dan argumen yang telah diuraikan.

Pola Pengembangan Teks Eksposisi

pola teks eksposisi

Pola pengembangan teks eksposisi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis-jenis teks eksposisi seperti yang telah diuraikan sebelumnya ya. Jika kalian sudah memahami tentang jenis teks ekposisi, kalian tentu akan memahami pula bagaimana pola pengembangannya. Berikut ini akan diuraikan sedikit tentang beberapa pola pengembangan teks eksposisi:

  • Paragrag Definisi

Pola ini merupakan pola pengembangan teks eksposisi yang berisi informasi mengenai definisi atau pengertian dari suatu istilah tertentu. Pola ini dibuat dengan menjabarkan gagasan utama yang diuraikan menjadi beberapa gagasan yang jelas menjadi suatu definisi tertentu.

  • Paragraf Contoh

Nah, paragraf contoh merupakan pola pengembangan yang menampilkan gagasan utama dalam awal pargraf. Selanjutnya, paragraf akan dilengkapi dengan uraian berupa contoh, gambaran, ataupun ilustrasi

  • Paragraf Umum-Khusus

Sedangkan paragraf ini dibuat dengan menampilkan gagasan atau pernyataan pendapat pada awal paragraf, dan diikuti dengan data, fakta, bukti, ataupun alasan sebagai penguat gagasan.

  • Paragraf Khusus-Umum

Dalam pola pengembangan ini, paragraf tersusun atas data dan fakta empiris yang diuraikan menggunakan kalimat penjelas dan diakhiri kesimpulan berisi gagasan utama.

Cara Membuat Teks Eksposisi

cara membuat teks eksposisi

Nah, setelah kalian menyimak penjelasan di atas, sekarang kita bahas yuk bagaimana proses pembuatan teks eksposisi.

  1. Menentukan tema yang akan dibahas

Tahap pertama dalam membuat paragraf eksposisi adalah menentukan topik yang akan dibahas. Hal ini tentu sangat penting ya, mengingat tema merupakan hal pertama yang harus kalian tentukan agar tidak kebingungan dalam menulis teks eksposisi.

  1. Menentukan tujuan dari teks eksposisi yang dibuat

Tahap selanjutnya adalah menentukan tujuan pembuatan paragraf eksposisi. Apakah teks yang akan dibuat bertujuan untuk memberikan laporan, menampilkan hasil analisis, atau membandingkan objek satu dengan objek lainnya.

  1. Mencari data yang sesuai dengan tema

Setelah menentukan tujuan, kalian harus melengkapi teks tersebut dengan data pendukung yang dapat memperkuat paragraf eksposisi yang kalian buat. Data yang harus disiapkan tentu harus sesuai dengan tema yang kalian bahas ya.

  1. Membuat kerangka karangan dan mengembangkan ke dalam beberapa paragraf

Tahap terakhir dalam membuat teks eksposisi adalah membuat kerangka dan mengembangkan kerangka tersebut menjadi paragraf. Kalian barangkali pernah menulis cerita pendek, artikel ataupun laporan kan? Sebelum menulis, tentu kalian akan membuat kerangka yang jelas, sehingga lebih mudah untuk dikembangkan menjadi paragraf. Hal yang sama juga harus kalian lakukan dalam membuat teks eksposisi ya.

Contoh Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi

Setelah membaca penjelasan sebelumnya, kalian sudah dapat mengenali jenis teks eksposisi kan? Agar kalian lebih memahami, yuk kita lihat contoh-contohnya di bawah ini.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Pendidikan merupakan aspek penting yang harus diperhatikan oleh setiap negara. Masa depan suatu bangsa dapat tercermin dari kualitas pendidikannya. Pendidikan yang baik bukan hanya yang mampu mencerdaskan anak bangsa, akan tetapi juga menanamkan pendidikan karakter di dalamnya.

Artikel Terkait : √ 37+ Contoh Teks Anekdot Menyindir Beserta Strukturnya Lengkap

Sayangnya, saat ini siswa hanya fokus tentang bagaimana mendapatkan nilai terbaik di sekolahnya. Nilai akhir seolah menjadi orientasi mereka, dan bahkan harus melakukan apapun untuk meraihnya. Disinilah, peran pendidikan karakter dalam mendidik siswa. Bukan lagi nilai yang menjadi tujuan siswa, akan tetapi ada yang lebih penting dari itu yaitu bagaimana mendidik sikap dan perilakunya.

Pendidikan karakter tentu menjadi hal mutlak yang harus ditanamkan dalam diri siswa. Pendidikan karakter merupakan metode pendidikan yang menekankan pada pembentukan karakter siswa. Dalam pendidikan karakter, aspek kognitif tidak lagi mendominasi untuk mengukur kemampuan peserta didik.

Aspek lain yang digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik meliputi aspek afektif (sikap) dan psikomotor (keterampilan). Peran pendidikan karakter dalam dunia pendidikan tentu sangat diperlukan. Pasalnya, pendidikan karakter berperan dalam menanamkan sikap religiusitas dalam diri siswa, mendidik peserta didik untuk memiliki toleransi terhadap sesama, serta mengajarkan siswa untuk menjadi pribadi yang mandiri, jujur, dan bertanggung jawab.

Tak dapat dipungkiri bahwa pendidikan karakter memiliki peran penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. Itulah sebabnya pendidikan bukan hanya bertujuan untuk mencetak generasi penerus bangsa yang unggul dalam akademis saja. Lebih dari itu, pendidikan berperan dalam menanamkan karakter dalam diri siswa. Sehingga, tak ada lagi kasus pemukulan murid kepada gurunya, tawuran antar siswa, maupun seks bebas di kalangan remaja. Inilah yang menjadi pekerjan rumah pemerintah Indonesia kedepannya.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Hukum

Kejahatan terhadap wanita seringkali menjadi isu yang banyak diperbincangkan. Wanita memang dianggap rentan terhadap kejahatan. Beberapa kasus yang mencuat perihal kejahatan atau kekerasan terhadap perempuan adalah kasus Agni (bukan nama sebenarnya), Baiq Nuril, serta kasus-kasus kekerasan lainnya. Mencuatnya kasus kekerasan tersebut tentu tidak lepas dari keberanian korban untuk menceritakan kejadian yang dialaminya.

Artikel Terkait : √ 21+ Contoh Teks Prosedur, Ciri, Struktur & Cara Membuatnya

Banyak kasus kekerasan terhadap perempuan yang mungkin tidak muncul di ranah publik dikarenakan tidak adanya keberanian untuk melaporkan ke pihak berwajib atau sekadar menceritakan ke orang-orang terdekat. Hal ini dikarenakan masih adanya anggapan bahwa kekerasan yang terjadi pada perempuan disebabkan oleh kesalahan perempuan itu sendiri. Perempuan dianggap sebagai pemicu adanya kekerasan itu sendiri, misalnya karena dandanannya yang menarik lawan jenis, pakaian yang menggoda, atau lingkungannya yang memang didominasi oleh laki-laki.  Sejatinya, korban kekerasan harus dilindungi, bukan justru dihakimi.

Kejahatan terhadap perempuan tidak hanya melalui fisik melainkan juga melalui verbal ataupun nonverbal. Menurut Komnas Perempuan ada bentuk kekerasan baru yang dinilai sebagai peningkatan dari tindak kekerasan terhadap perempuan yang terjadi selama ini.

Komnas Perempuan mencatat ada sekitar 348.446 kasus kejahatan terhadap perempuan selama tahun 2017. Hal ini tentu mengalam kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya yaitu tercatat ada 259.150 kasus kekerasan. Kini ada istilah yang disebut sebagai Cyber harassment atau kejahatan yang terjadi di dunia maya.

Selama tahun 2017, Komnas Perempuan melaporkan adanya 65 kasus kekerasaan yang dialami oleh perempuan di dunia maya. Pelaku kekerasan tersebut bisa dari mulai pacar, mantan pacar, teman lelaki, atau bahkan orang asing sekalipun.

Agar kejahatan terhadap perempuan tidak lagi menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan perempuan, kita perlu turut serta dalam menekan angka kekerasan terhadap perempuan. Selain peran pemerintah yang harus mengeluarkan hukuman yang jelas bagi pelaku kekerasan, kita dapat mencegah kekerasan pada orang-orang terdekat maupun orang sekitar kita. Mengkampanyekan gerakan hentikan kekerasan terhadap perempuan bisa menjadi salah satu solusinya. Sebab, kejahatan terhadap perempuan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, kita pun turut bertanggung jawab untuk mencegah.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Salah satu permasalahan lingkungan yang dihadapi di Indonesia adalah masalah kebakaran hutan dan lahan. Meski dari tahun ke tahun terjadi penurunan kasus kebakaran hutan, angka kebakaran hutan di Indonesia masih mengkhawatirkan. Kebakaran hutan dan lahan tentu memberikan dampak yang besar bagi lingkungan, terutama dari asap yang ditimbulkan. Agar kasus kebakaran hutan tidak terus mengalami peningkatan, pemerintah tentu harus terus berupaya melakukan pencegahan.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, selama periode Januari hingga Juli 2017 kebakaran hutan seluas 1.052 hektar terjadi di Riau. Selain itu, kebakaran hutan juga terjadi di Kalimantan Tengah yaitu seluas 11.127 hektar. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis data kebakaran lahan yang terjadi di Riau sejak 1 Januari hingga 18 Februari 2019 yaitu seluas 843 hektare. Kebakaran hutan di Riau tersebut terjadi di beberapa titik yaitu Rokan Hilir 117 hektare, Meranti 20,2 hektare, Siak 5 hektare, Bengkalis 627 hektare, dan Dumai 43,5 hektare.

Upaya pencegahan dan penanganan kasus kebakaran hutan dan lahan tentu harus dilakukan oleh pemerintah. Melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pemerintah berupaya untuk menekan angka kebakaran hutan dan lahan melalui penegakan hukum pidana maupun perdata serta sanksi berupa pencabutan izin bagi korporasi yang kedapatan melakukan pembakarah hutan maupun lahan. Tidak hanya korporasi, masyarakat yang ketahuan melakukan pembakaran hutan akan dikenai hukuman pidana maupun perdata.

Contoh Teks Eksposisi tentang Politik

Memasuki tahun politik seperti saat ini, berita tentang pemilihan umum baik pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden mulai menghiasi berbagai lini. Dalam media sosial misalnya, beberapa kelompok mulai menunjukkan fanatisme terhadap pemimpin pilihannya. Masalahnya, media tidak hanya dihiasi dengan kampanye calon legislatif maupun presiden saja, tetapi dihiasi pula keributan antar pendukung satu kubu dengan kubu lainnya. Menjatuhkan kubu lawan, menyebarkan berita yang mengundang permusuhan, membuat media sosial begitu menjemukan. Seyogyanya, politik adalah tentang adu gagasan bukan adu berita bohong yang justru menyulut perselisihan.

Artikel Terkait : √17+ Contoh Teks Editorial Beserta Ciri, Struktur & Kaidahnya

Beberapa kasus berita bohong yang membawa isu politik santer kita dengarkan. Pada perhelatan pemilihan presiden tahun 2014 misalnya, pemimpin redaksi dan redaktur pelaksana tabloid Obor Rakyat divonis satu tahun penjara setelah tabloidnya diketahui menyampaikan informasi yang tidak benar. Tabloid Obor Rakyat dinilai memuat berita yang mendiskreditkan calon presiden pada saat itu yaitu Joko Widodo. Dewan Pers menyatakan bahwa sejarah munculnya berita bohong atau hoax terjadi sejak pemilihan presiden tahun 2014. Dikatakan bahwa pada waktu itu berita bohong marak di beberapa platform berita abal-abal yang tidak dapat dipertanggungjawabkan isinya.

Masalahnya, penyebaran berita bohong yang dilakukan berulang-ulang akan dipercayai oleh masyarakat sebagai suatu kebenaran. Hal inilah yang justru akan memancing keributan. Politik yang tadinya menjadi panggung pemilihan pemimpin, malah menjadi sarana untuk saling menjatuhkan pihak lain. Kasus berita bohong dalam ranah politik dinilai dapat mengganggu ketertiban bangsa. Inilah sebabnya, saring berita sebelum sharing menjadi hal yang sangat penting.

Contoh Teks Eksposisi tentang Ekonomi

Indonesia merupakan negara yang berkembang, maka wajar saja jika perekonomiannya sering mengalami kenaikan dan penurunan. Akan tetapi, diprediksi bahwa ekonomi di Indonesia akan melesat dalam 10 tahun kedepan. Hal ini dapat dilihat dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kian membaik. Christine Lagard yang merupakan Managing Director International Monetary Fund (IMF) mengatakan bahwa di tengah kondisi ekonomi dunia yang tidak dapat diperkirakaan, Indonesia cukup baik dalam mengatasi permasalahan ekonomi tersebut.

Menguatnya ekonomi di Indonesia ditunjukan melalui data statistik Gross Domestiz Product (GDP) yaitu nilai atau jasa akhir yang telah dihasilkan dari berbagai produk di suatu negara dalam kurun waktu satu tahun. Peringkat perekonomian negara di dunia didasarkan pada hasil statistik International Monetary Fund (IMF) tahun 2018 dan 2023. Dalam data tersebut, peringkat Indonesia terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Berdasarkan proyeksi data statsistik IMF tersebut, peringkat Indonesia akan mengalami kenaikan hingga ke peringkat 6 pada tahun 2023.

Membaiknya kondisi ekonomi Indonesia dari tahun ke tahun tentu tidak hanya dapat dilihat dari proyeksi data IMF. Kondisi ekonomi Indonesia yang mulai membaik dapat dilihat pula dari penurunan angka kemiskinan menjadi 11 persen serta pertumbuhan ekonomi yang melaju pada level 5 persen. Untuk menjaga stabilitas ekonomi, tentu pemerintah Indonesia harus selalu menjaga kebijakan yang berkaitan dengan perekonomian. Salah satu kebijakan untuk menjaga perekonomian tetap stabil adalah kebijakan fiskal melalui pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Selain kesehatan raga, salah satu yang tidak boleh luput dari perhatian kita adalah kesehatan jiwa. Kebanyakan dari kita hanya mempedulikan kesehatan raga, tapi lupa menjaga kesehatan jiwa. Di Indonesia sendiri, kesehatan jiwa masih belum menjadi prioritas utama. Pasalnya, ahli di bidang dunia kesehatan jiwa masihlah sangat kurang, terutama di wilayah yang akses kesehatannya masih terbatas.

Kesehatan jiwa menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang dihadapi oleh beberapa negara termasuk Indonesia. Hal ini terbukti dari data yang dirilis WHO (2016), bahwa terdapat 60 juta orang Indonesia yang terkena bipolar, 21 juta orang menderita skizofrenia, sekitar 47,5 juta orang mengalami demensia, dan 35 juta orang menderita depresi. Angka ini tentu merupakan jumlah yang cukup banyak. Selain itu, menurut data Riskesdas (2013) menunjukkan bahwa jumlah penderita depresi mencapai 6 persen atau sekitar 14 juta orang. Gejala depresi dan kecemasan ini biasanya muncul pada usia 15 tahun keatas.

Gangguan jiwa atau mentall illness biasanya rentan diderita oleh anak-anak yang mengalami kekerasan. Selain itu, menjadi korban perundungan atau bullying juga menjadi faktor yang memicu depresi. Pada orang dewasa, gangguan jiwa biasanya dipengaruhi oleh faktor sosial seperti lingkungan, bencana alam, ataupun kondisi ekonomi seperti kemiskinan.

Sayangnya, kesehatan jiwa belum menjadi prioritas utama masyarakat Indonesia. Bahkan ada anggapan bahwa orang yang memiliki gangguan jiwa disebut sebagai orang gila. Sejatinya, sama pentingnya dengan raga, kesehatan jiwa juga perlu dijaga.

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Musik folk merupakan salah satu genre musik yang digemari akhir-akhir ini. Musik folk adalah jenis musik yang menyatukan dua kesatuan musik. Disebut pula sebagai musik kerakyatan, karena melibatkan unsur tradisional di dalamnya. Lebih dalam lagi, musik folk dimaknai sebagai musik yang memiliki unsur kesederhanaan. Tak jarang pula musik folk dikenal dengan musik yang diiringi dengan alat musik akustik.

Awal mula mengapa musik folk harus diiringi akustik dikarenakan sepanjang dekade 1960-an, di Amerika Serikat mengalami kondisi sosial-politik tertentu yang memunculkan musisi-musisi yang memainkan musik dengan diiringi alat musik akustik. Musisi saat itu ingin menyampaikan kondisi yang mereka alami melalui musik yang dimainkan. Sejak saat itulah, standar baru dalam dunia musik muncul, yaitu musik folk yang kita kenal hingga saat ini.

Musik folk nampaknya mulai mendominasi dunia musik Indonesia saat ini. Sebut saja lagu “Akad” Payung Teduh yang sempat begitu digandrungi. Lagu “Sementara” milik kelompok musik Float, “Zona Nyaman” Fourtwnty, “Ku Kira Kau Rumah” karya Amigdala ataupun “Yang Patah Tumbuh Yang Hilang Berganti” milik kelompok musik Banda Neira adalah sederat judul lagu bergenre folk di Indonesia. Musik folk sendiri selanjutnya berkembang menjadi beberapa genre, mulai folk rock, folk pop, folk metal, electric folk, dsb.

Di Indonesia sendiri, perkembangan musik folk sebenarnya sudah ada sejak tahun 60an. Musisi folk terkenal era tersebut adalah Gordong Tobing yang dikenal dengan lagu-lagunya yang sederhana dan menyertakan unsur tradisional di dalamnya. Selanjutnya, pada era 80an, muncul musisi folk sepertii Iwan Fals dan Ebiet G Ade.

Contoh Teks Eksposisi Berita

Sabtu, 3 Maret 2018 merupakan perayaan hari jadi Grobogan ke 292. Rangkaian perayaan hari jadi Grobogan salah satunya adalah tradisi Boyong Grobog. Tradisi Boyong Grobog yang merupakan kegiatan tahunan Kabupaten Grobogan, tahun ini dimeriahkan oleh 50 prajurit kerajaan Keraton Surakarta, grup marching band, serta siswa SMAN 1 Grobogan yang menjadi prajurit dan putri sekar kedaton.

Kegiatan Boyong Grobog sendiri akan berpusat di Pendopo Kabupaten Grobogan. Untuk menyambut peserta dan warga Grobogan yang hadir di Boyong Grobog, pemerintah Kabupaten Grobogan akan menggelar kesenian Karawitan yang diselenggarakan di pelataran Pendopo Kabupaten Grobogan. Acara Boyong Grobog dimulai pada pukul 07.00 WIB. Selanjutnya, pada pukul 09.00 WIB, rombongan Bupati Grobogan menuju kelurahan Grobogan yang merupakan titik awal kirab Boyong Grobog. Sekitar pukul 10.30 WIB, kirab akan dimulai dengan rute mulai dari kelurahan Grobogan melewati perempatan Laris dan kembali ke Pendopo.

Tidak hanya kirab, rangkaian acara Boyong Grobog juga dimeriahkan dengan upacara berebut gunungan. Gunungan berisi hasil pertanian, buah-buahan, dan sayuran telah disiapkan pada sisi kiri pintu masuk Pendopo. Terakhir, Bupati Grobogan akan melakukan pemotongan tumpeng dan ingkung ayam serta wilujeng bumi pepali sebagai bentuk rasa syukur atas ketentraman dan kedamaian di Kabupaten Grobogan selama ini.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Dalam hal pendidikan, setiap orang memiliki hak untuk memilih sistem pendidikan seperti apa yang diinginkan. Saat ini ada dua sistem pendidikan yang dikenal di masyarakat, yaitu sekolah formal dan homeschooling. Jika sekolah formal menuntut siswa untuk mengikuti jam pembelajaran yang telah ditetapkan oleh sekolah yang bersangkutan, homeschooling tidak memiliki jam pembelajaran yang baku melainkan sesuai keinginan orang tua murid. Dalam segi kurikulum, sekolah formal memiliki aturan yang diatur oleh pihak sekolah. Adapun homeshooling tidak begitu, sama halnya dengan jam pembelajaran, kurikulum pada homeshcooling diatur oleh orang tua siswa. Namun, orang tua tetap mendapatkan kurikulum dari Dinas Pendidikan agar setara dengan sekolah formal.

Selain dalam hal jam pembelajaran dan kurikulum, sistem yang digunakan sekolah formal dan homeschooling juga terdapat perbedaan. Sistem di sekolah cenderung terstandarisasi, sedangkan homeschooling menyesuaikan sesuai kondisi dan kebutuhan anak. Pada sekolah formal, orang tua tidak memiliki hak memilih model belajar, karena sistem pembelajaran yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Berbeda dengan sekolah formal, model pembelajaran homeschooling lebih luwes dan mengikuti keinginan orang tua untuk menentukan model yang sesuai dengan tumbuh kembang anak.

Sekolah formal dan homeschooling memang dua sistem pendidikan yang berbeda. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekolah formal misalnya, memiliki kelebihan yaitu siswa di sekolah formal akan lebih mudah bersosialisasi dengan banyak orang, memiliki daya kompetisi yang tinggi dalam belajar, serta mampu mengembangkan diri dan kreativitas dengan program ekstrakurikuler yang disediakan. Adapun homeschooling memiliki kelebihan dalam hal sistem pembelajaran yang lebih fleksibel, jadwal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak, serta siswa dapat belajar materi tambahan sesuai yang diinginkan. Sekalipun dua sistem pembelajaran tersebut berbeda, akan tetapi kedua sistem pendidikan tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Setiap anak terlahir unik, berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ibarat kertas putih, orang tualah yang berperan dalam mewarnai mereka. Pendidikan dari orang tua memegang peran penting dalam memengaruhi kepribadian anak ke depannya. Sebagai sekolah pertama bagi anak, orang tua harus tahu betul bagaimana mendidik sesuai tumbuh kembang anak-anaknya.

Dalam usia emas anak yaitu 0-8 tahun menjadi fase krusial bagi tumbuh kembang anak. Diketahui bahwa 80% pembentukan kecerdasan anak terjadi dalam masa emas ini. Pada masa tersebutlah peran orang tua begitu penting. Secara psikologis, otak anak berkembang sangat cepat, sehingga informasi apapun yang diterima oleh anak akan dimudah diserab, baik itu hal yang baik atau buruk. Disinilah tugas orang tua, yaitu untuk mengarahkan anaknya agar mempelajari hal-hal yang baik.

Selama proses mendidik, orang tua tidak hanya berperan sebagai pengawas. Melainkan juga berperan untuk menambah pengetahuan anak. Satu hal yang harus diperhatikan oleh orang tua dalam mendidik anak-anaknya adalah tidak memaksakan pertumbuhan anak sesuai kemaunnya. Artinya orang tua tidak memaksakan kehendak di luar kemampuan anaknya, misalnya dengan meminta anak untuk belajar seharian. Hal ini tentu justru memberikan tekanan pada anak.

Contoh Teks Eksposisi Proses

Dalam proses pembusukan sampah organik, mikroorganisme atau mikroba memegang peranan penting. Mikroorganisme merupakan organisme berukuran sangat kecil. Setiap sel dalam mikroorganisme mengalami pertumbuhan, bereproduksi dengan sendirinya, serta mampu menghasilkan energi. Contoh proses pembusukan sampah adalah dalam pembuatan kompos. Pembuatan kompos merupakan proses pengolahan sampah secara aerobik dan anaerobik yang mana kedua proses tersebut saling berhubungan satu sama lain. Mikroorganisme yang digunakan dalam pembusukan sampah menjadi kompos adalah larutan effective microorganisme atau disebut EM. Larutan tersebut dinilai dapat secara efektif memfermantasikan sampah menjadi kompos.

Kandungan larutan EM yang terdiri dari bakteri asam laktat, fotosintetik, ragi dan jamur fermentesi sangat berperan untuk mengolah sampah menjadi kompos. Bakteri fotosintetik berperan dalam membentuk zat bermanfaat yaitu asam nukleat, asam amino, dan zat-zat bioaktif. Dalam proses pembusukan sampah menjadi kompos, bakteri asam laktat berperan dalam mengubah bahan organik menjadi asam laktat dan mempercepat penguraian bahan organik dengan asam laktat yang telah dihasilkan.

Secara singkat, dapat dipahami bahwa proses pengomposan terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap dekomposisi dan sanitasi, tahap konversi, serta tahap sintetik. Tahap dekomposisi merupakan proses pengolahan sampah pada level pra-matang. Dalam tahap ini produk yang akan dihasilkan adalah kompos segar yang selanjutnya akan diproses pada tahap konversi. Pada tahap konversi kompos segar akan sehingga terbentuk ikatan komplek lempeng humus. Tahap akhir pengomposan adalah proses pasca pematangan kompos atau disebut tahap sintetik. Tahap ini menghasilkan kompos matang dengan status pematangan kategori IV dan V.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa mikroorganise memegang peranan penting dalam pengolahan sampah, salah satunya dalam proses pengomposan. Mikroorganisme berfungsi untuk mengurai sampah organik menjadi kompos yang mengandung humus yang berguna untuk memupuk tanaman.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Sekolah berbasis madrasah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki mata pelajaran keagamaan yang lengkap. Siswa madrasah dinilai memiliki pengetahuan agama yang memadai. Niai-nilai agama yang dipelajari dapat tercermin melalui perilaku siswa sehari-hari. Alasan mengapa siswa madrasah memiliki pemahaman agama yang lebih memadai, dikarenakan jumlah kurikulum pelajaran agama di madrasah 8 jam lebih banyak daripada sekolah umum. Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, Bahasa Arab, serta Sejarah Kebudayaan Islam adalah sederat mata pelajaran agama yang diajarkan di madrasah.

Pada sekolah umum, pelajaran agama yang diberikan hanya 2 jam dalam satu minggu. Siswa hanya diberi pelajaran agama yang dirangkum dalam satu mata pelajaran yaitu pendidikan Agama Islam. Pendidikan agama di sekolah umum memang tidak selengkap di madrasah. Jika sekolah madrasah dikenal dengan unggulnya pengetahuan agama, sekolah umum lebih dikenal unggul dalam hal pelajaran umum.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan

Tanggal 23 April diperingati sebagai Hari Buku Sedunia. Hari Buku Sedunia atau dikenal pula dengan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia diadakan oleh UNESCO sebagai upaya untuk mengampanyekan peran membaca dan hak cipta. Tidak hanya diperingati dunia, perayaan hari buku juga diperingati di Indonesia. Tepatnya setiap tanggal 17 Mei yang disebut dengan peringatan Hari Buku Nasional.

Peringatan Hari Buku Nasional tersebut digagas oleh Menteri Pendidikan pada masa Kabinet Gotong Royong yaitu Abdul Malik Fadjar. Tanggal 17 Mei dipilih karena bertepatan dengan hari berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yaitu pada 17 Mei 1980.

Peringatan hari buku tentu erat kaitannya dengan minat baca. Pasalnya, minat baca di Indonesia tergolong masih rendah. Berdasarkan data yang dirilis BPS tentang proporsi penduduk berumur 10 tahun keatas yang membaca selama seminggu terakhir pada tahun 2012 didapat data bahwa tingkat membaca surat kabar sebesar 15,06 persen, majalah/tabloid 6,92 persen, buku cerita 5,01 persen, pelajaran sekolah 20,49 persen, sedangkan proporsi menonton televisi penduduk Indonesia yang berusia diatas 10 tahun sebesar 91, 5 persen. Hal ini tentu menunjukkan bahwa penduduk Indonesia yang berusia 10 tahun keatas lebih senang menonton televisi daripada membaca.

Selain itu, berdasarkan data UNESCO menunjukkan bahwa minat baca di Indonesia masih rendah dengan presentase sebesar 0,01 %. Hal ini berarti dalam setiap 1000 orang hanya 1 orang yang punya minat membaca. Selain itu, data tersebut menunjukkan bahwa jumlah perpustakaan di Indonesia masih kurang, sehingga Indonesia menempati peringkat ke-36 di dunia.

Kurangnya minat baca di Indonesia dikarenakan masih sulitnya akses terhadap buku bacaan, tidak adanya perpustakaan, dan kebiasaan membaca yang tak dibentuk ketika di sekolahan. Melalui peringatan Hari Buku Nasional tersebut diharapkan mampu mendorong keinginan membaca dalam diri masyarakat, sehingga presentase minat baca di Indonesia semakin meningkat.

Contoh Teks Eksposisi Analisis

Menikah merupakan keinginan setiap orang, terutama bagi mereka yang telah memasuki masa yang dianggap siap untuk menikah. Akan tetapi, belakangan ini muncul pemberitaan yang cukup menyita perhatian, yaitu pernikahan di bawah umur. Salah satunya contohnya adalah pernikahan pasangan yang berusia 16 tahun dan 14 tahun di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Menurut UU Perkawinan, tidak dibenarkan pernikahan yang dilakukan di bawah umur. Batas minimal usia yang ditetapkan dalam UU Perkawinan adalah setelah berumur 21 tahun bagi laki-laki maupun perempuan. Akan tetapi, undang-undang memperbolehkan pernikahan dengan batas minimal usia laki-laki 19 tahun dan perempuan 16 tahun, apabila mendapat dispensasi dari pengadilan Agama.

Pernikahan di bawah umur sendiri sebenarnya sudah banyak terjadi di Indonesia terutama di daerah pedesaan. Jumlah pernikahan di bawah umur dari tahun ke tahun memang mengalami penurunan. Akan tetapi, permasalahan pernikahan di bawah umur ini harus tetap dituntaskan. Menurut data Badan Pusat Statistik yang bekerja sama dengan UNICEF, tercatat bahwa pernikahan di bawah umur banyak terjadi di pedesaan.

Pernikahan usia anak di pedesaan lebih tinggi dari di perkotaan yaitu sebesar 29,2 persen dan 19,0 persen. Data tersebut merupakan hasil laporan pada tahun 2012. Angka tersebut terbilang lebih rendah dari tahun sebelumnya, yang mana presentase pernikahan anak di pedesaan sebesar 33,5 persen. Akan tetapi terjadi sedikit kenaikan kasus pernikahan anak di perkotaan yang sebelumnya 18,8 persen menjadi 19,0 persen. Angka lain menunjukkan bahwa pernikahan anak sebelum usia 15 tahun pada tahun 2012 tercatat sebanyak 5,9 persen. Angka ini menurun dari tahun sebelumnya sebesar 7,2 persen. Kenaikan terjadi pada pernikahan usia sebelum 16 tahun yaitu sebesar 24,5 persen pada tahun 2010 menjadi 25,0 persen pada tahun 2012.

Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan menunjukkan bahwa angka pernikahan usia anak di Indonesia masih terbilang cukup tinggi. Masih banyaknya angka pernikahan usia anak, tentu menunjukkan bahwa masih dibutuhkan kerja keras untuk menurunkan angka pernikahan di bawah umur di Indonesia. Tidak hanya peran pemerintah, yang dalam hal ini mengatur undang-undang perkawinan, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menekan angka pernikahan di bawah umur. Anggapan di masyarakat bahwa anak perempuan yang tidak segera menikah akan disebut perawan tua ataupun adanya kekhawatiran orang tua akan resiko hamil di luar nikah pada anak perempuan merupakan dua dari beberapa faktor pendorong pernikahan di bawah umur.

Contoh Teks Eksposisi Laporan

Panen adalah masa yang paling ditunggu oleh petani, tak terkecuali bagi petani bawang merah di Brebes. Setelah menunggu selama berbulan-bulan, panen merupakan momen yang menyenangkan. Apalagi jika panen yang dihasilkan berlimpah ruah, dan harga jual bawah merah yang tinggi. Panen memang terkadang sulit diprediksi. Ketika hasil panen berlimpah, harga penjualan bawang justru murah. Hal ini pulalah yang saat ini dialami oleh sebagian besar petani bawah merah di Brebes, Jawa Tengah.

Pasalnya, pada masa panen tahun 2018, hasil penjualan bawang merah tidak cukup memuaskan. Hasil panen bawang merah memang terbilang berlimpah, akan tetapi harga jualnya sangat murah. Dari 5.800 hektare lahan yang ditanami bawah merah, 70 ton bawang merah dihasilkan oleh petani di Brebes. Cuaca yang kering seperti tahun ini, sangat mendukung produktivitas bawang merah yang tinggi.

Sayangnya, hasil panen yang baik tidak didukung dengan harga jual yang baik pula. Rendahnya harga bawah merah di Brebes, diduga karena bersamaan dengan panen di beberapa wilayah penghasil bawang merah lainnya. Di wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, bahkan luar jawa juga sedang musim panen berbarengan dengan panen bawang merah di Brebes.

Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Sampah merupakan sisa dari kegiatan sehari-hari manusia atau hasil dari proses alam. Sampah sendiri digolongkan menjadi beberapa jenis. Penggolongan tersebut dibagi berdasarkan beberapa ketentuan. Berdasarkan sifatnya, jenis atau zat kimia yang terkandung di dalamnya, ataupun berdasarkan karakteristiknya. Sampah berdasarkan sifatnya dibagi kedalam beberapa jenis yaitu sampah yang mudah terurai atau membusuk, sampah yang sukar membusuk, sampah yang mudah terbakar, dan sampah yang tidak mudah terbakar.

Sedangkan berdasarkan jenis atau zat kimia yang terkandung di dalamnya sampah dibagi kedalam dua jenis yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat dengan mudah terurai secara alamiah, misalnya sisa makanan, daun, dan buah. Adapun sampah anorganik adalah sampah yang terdiri dari bahan yang tidak mudah terurai secara alamiah. Sampah anorganik membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terurai misalnua sampah plastik, kaleng, dan barang pecah-belah.

Contoh Teks Eksposisi Bahasa Inggris

Library is an inseparable part of society. Libraries as information providers and people are served. The role of the library is certainly very important for the society. Starting from providing quality reading materials to providing facilities that can empower the society. Unfortunately, there are not too many libraries that can be reached by the society, even very few.

Based on data released by Badan Pusat Statistik, there are 25,728 libraries in Indonesia. 1,500 of them are public libraries that can be accessed by the general public. This amount is certainly a very small amount right? This lack of facilities is suspected to be a factor in the lack of reading interest in the community.

Actually, libraries are important for the community. unfortunately, the number of public libraries in Indonesia is very limited.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan

Gajah merupakan salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia. Tingkat kematian gajah yang setiap tahun semakin bertambah, membuat gajah menjadi salah satu jajaran hewan yang hampir punah. Populasi gajah yang berkurang karena adanya perluasan lahan serta maraknya perburuan, adalah alasan mengapa gajah harus terus dilestarikan. Populasi gajah yang paling banyak di Indonesia adalah di wilayah Sumatra tepatnya di kawasan hutan Aceh.

Secara keseluruhan, jumlah populasi gajah di kawasan hutan Aceh adalah 475-500 individu. Kelompok gajah ini tersebar ke beberapa wilayah seperti di Bangkung-Trumon (Aceh Selatan-Aceh Singkil) yang berjumlah 80-100 ekor, di Lokop-Peunaron (Aceh Timur-Aceh Utara) berjumlah 200-250 ekor, di Ulu Masen (Aceh Jaya- Pijay, dan Aceh Barat) berjumlah 100-200 ekor, di Pesusangan yang berjumlah 40-50 ekor, di Pidie yang berjumlah 20-30 ekor, serta tersebar di beberapa wilayah lainnya. Populasi tersebut merupakan jumlah yang cukup besar, sehingga dapat dikatakan bahwa hutan Aceh merupakan salah satu penyumbang jumlah gajah terbesar di Indonesia.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, populasi gajah di Indonesia berjumlah 1.328 ekor. Dari total jumlah populasi gajah tersebut, 474 ekor merupakan gajah jantan dan 854 ekor lainnya adalah gajah betina. Diungkapkan oleh Kepala Biro Humas KLHK, dalam rangka menjaga lingkungan habitat gajah, pihaknya telah melakukan berbagai upaya mulai dari kampanye tentang pentingnya menjaga populasi gajah, survei, serta monitoring habitat gajah.

Sebagai hewan yang dilindungi, gajah harus tetap dijaga agar tidak semakin banyak yang mati. Peran pemerintah begitu penting dalam menjaga keberlangsungan hidup populasi gajah di Indonesia saat ini. Selain itu, peran yang tak kalah penting dalam menjaga populasi gajah adalah kesadaran masyarakat untuk tidak merusak habitat gajah dan tidak melakukan perburuan gading gajah.

Contoh Teks Eksposisi Bahasa Jawa

Salah siji musik sing digandrungi masyarakat Jawa yaiku musik campursari. Campursari yaiku lagu Jawa kang isine ngemot pirang-pirang aspek seni. Campursari uga diarani salah siji jinis tembang Jawa kang diiringi gamelan Jawa lan piranti musik modern. Lelagon kang biasane dienggo campursarinan contone macapat, sekar gendhing, langgam, lagu dolanan, lan sakpiturite. Campursari dadi salah siji warisan budaya ingkang kedah dijaga. Sayange, campursari namung digandrungi tiyang sepuh lan kurang disenengi generasi muda saiki.

Campursari ana ing budaya Jawa kerap dadi musik kang dirungoake nalika hajatan mantenan, sunatan, uga tasyakuran. Ora jarang, campursari uga dienggo ana ing pagelaran wayang kulit, wayang wong, guyonan ing kethoprak, lan sakliyane. Pemain kang nglagokake campursari diarani swarawati utawa wiraswara. Anggone nglagoake campursari kudu ngetutake suarane gendhing.

Kersane musik campursari ora ilang digerus zaman, maka uwis dadi kewajiban kita sedaya kanggo nglestariake musik tradisional kuwi. Ora kudu iso nglagoake, kenal lan weruh apa iku campursari wis cukup kanggo nglestariake.

Nah, setelah menyimak pembahasan tentang contoh teks eksposisi kalian jadi makin tahu tentang jenis teks tersebut dan bagaimana contoh-contohnya kan. Barangkali setelah membaca penjelasan di atas, kalian menyadari kalau selama ini kalian sudah sering menemui jenis teks tersebut, dalam artikel berita online yang sering kalian baca misalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *