√17+ Contoh Teks Editorial Beserta Ciri, Struktur & Kaidahnya

Posted on

Teks editorial juga biasa disebut dengan teks opini. Jadi, teks editorial merupakan pendapat seseorang tentang sebuah kejadian yang masih diperdebatkan, dan belum ada titik terangnya. Contoh teks editorial sendiri ada bermacam-macam, dengan topik yang juga beragam. Mari mempelajari lebih lanjut mengenai teks editorial dan beberapa contohnya.

Artikel Terkait : √13+ Contoh Teks Deskripsi Lengkap dengan Struktur & Jenisnya

Pengertian Teks Editorial

pengertian teks editorial

Secara definisi, teks editorial diartikan sebagai teks yang berisi tentang opini atau pendapat mengenai peristiwa atau kejadian yang sedang hangat diperbincangkan. Bisa juga teks tersebut berisi tentang persoalan yang belum menemukan titik terang. Teks editorial umumnya muncul di kolom surat kabar atau majalah yang menerima dan mendapatkan masukan dari orang-orang yang mempunyai opini.

Tujuan Teks Editorial

tujuan teks editorial

Pada dasarnya, tujuan teks editorial adalah menjadi sarana bagi publik untuk mengungkapkan berbagai pendapat dan kegelisahan, lalu berbagi hal tersebut kepada para pembaca yang membaca surat kabar atau majalah tersebut. Teks editorial pun berbeda dengan contoh teks eksposisi yang berisikan definisi dan informasi mengenai sebuah topik.

Struktur Teks Editorial

struktur teks editorial

  • Pernyataan Pendapat

Struktur yang pertama dalam sebuah contoh teks editorial adalah pernyataan pendapat. Pernyataan pendapat memuat opini secara umum dari orang-orang, mengenai topik yang sedang hangat diperbincangkan dan masih menjadi persoalan tanpa ada jalan keluar.

  • Opini atau Argumentasi

Opini atau argumentasi ini juga selalu ada di setiap contoh teks editorial. Struktur ini berisi tentang pendapat secara khusus. Bisa juga struktur ini disebut sebagai opini penulis yang mendukung opini umum. Jadi, isinya tentang opini penulis yang menguatkan opini umum tersebut.

  • Pernyataan Ulang Pendapat

Struktur ini berisi tentang penutup yang mengulang argumen dari pemaparan sebelumnya. Tujuannya untuk membuat pembaca lebih mudah memahami dan menyerap informasi, ketika pendapatnya diulang di bagian penutup. Ketiga struktur ini berbeda dengan contoh teks ulasan yang bertujuan mengulas sebuah karya dari berbagai aspek.

Kaidah Teks Editorial

kaidah teks editorial

  • Adverbia

Adverbia adalah kata-kata keterangan yang sering muncul di dalam sebuah teks editorial. Seringnya, yang muncul dalam sebuah teks editorial adalah adverbia frekuentatif, menggambarkan makna yang terkait dengan tingkat frekuensi terjadinya sesuatu yang diterangkan oleh adverbia tersebut. Contohnya yaitu ‘biasanya’, ‘selalu’, ‘sering’, ‘kadang-kadang.’

  • Konjungsi

Dalam sebuah contoh teks editorial, konjungsi adalah kata penghubung yang menghubungkan antar kalimat. Contohnya kata-kata seperti ‘malahan’, ‘bahkan’ dan ‘sesungguhnya.’

  • Verba Material, Relasional, dan Mental

Verba material adalah kata kerja untuk menunjukkan peristiwa atau perbuatan fisik. Contohnya seperti ‘menulis’, ‘membaca’. Lalu, verba relasional menunjukkan sebuah hubungan intensitas yaitu contoh pengertiannya A adalah B, dan hubungan milik yang contoh pengertiannya A mempunyai B.

Sedangkan, verba mental adalah kata kerja dengan penerapan persepsi contohnya seperti ‘melihat’ dan ‘merasa’, afeksi contohnya ‘khawatir’ dan ‘suka’, serta kognisi contohnya ‘mengerti’ dan ‘berpikir’.

Ciri-Ciri Teks Editorial

ciri teks editorial

  • Berisikan Pendapat

Dalam teks editorial, selalu berisi mengenai pendapat secara khusus ataupun pendapat pribadi dari penulis. Selain itu, juga ada pernyataan pendapat umum mengenai persoalan yang sedang diperbincangkan.

  • Teksnya Berupa Essai

Contoh teks editorial bisa berupa essai dengan susunan kalimat berurutan. Teks ini juga bisa disebut dengan teks argumen yang berisikan tentang pemaparan ide atau gagasan dari seseorang maupun penulisnya.

  • Menjelaskan Fakta dan Analisa

Dalam sebuah teks editorial, terlebih dahulu ada pemaparan fakta secara umum. Fakta tersebut juga disertai dengan uraian pendapat. Di samping itu, sifat teks editorial adalah analisis, jadi teksnya menguraikan dan memilah.

  • Menerapkan Kaidah Tertentu

Seperti yang disebutkan sebelumnya mengenai kaidah dari teks editorial. Ya, jadi teks editorial memang menerapkan kaidah kebahasaan sendiri, mengenai persoalan yang diuraikan melalui pendapat.

Contoh-Contoh Teks Editorial

contoh teks editorial

Contoh Teks Editorial Terbaru

Contoh teks editorial yang pertama adalah mengenai konflik keagamaan. Teks editorial tersebut bisa berisi pendapat tentang isu-isu terkait agama, yang terkadang dimanfaatkan secara politik. Kemudian ada pembaca yang beropini bahwa kedewasaan Indonesia tengah diuji. Jadi, masyarakat tidak boleh saling menghakimi dan dihakimi.

Contoh Teks Editorial Singkat

Teks editorial singkat contohnya bisa berisi tentang pendidikan di Indonesia. Berawal dengan latar belakang Indonesia yang perlu meningkatkan pendidikan agar tidak tertinggal dari bangsa lain. Lalu ada argumen mengenai Ujian Nasional berbasis komputer yang lebih bermanfaat dalam mengembangkan teknologi, sekaligus lebih hemat karena tanpa mencetak kertas.

Contoh Teks Editorial Tentang Sosial

Contohnya mengenai K-Pop yang makin berkembang di Indonesia. K-Pop sangat digandrungi terutama di kalangan remaja. Saking sukanya dengan K-Pop, banyak remaja yang jadi lupa atau bahkan tidak mengenal budaya bangsa sendiri. Akibatnya, banyak karya seni anak bangsa yang kurang mendapatkan apresiasi.

Contoh Teks Editorial Tentang Sampah

Contohnya tentang kebiasaan masyarakat yang masih suka buang sampah sembarangan. Hal tersebut menjadi kebiasaan karena sudah sering dilakukan sejak kecil. Sayangnya, kebiasaan tersebut juga tidak dianggap salah. Di bagian akhir pada pernyataan ulang pendapat, berisi tentang harapan agar pemerintah menyediakan tong sampah secara gratis untuk masyarakat tidak mampu.

Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan

Contoh teks editorial ini bisa berisikan tentang sekolah gratis di daerah-daerah yang masih tidak terjangkau teknologi. Daerah tersebut bisa berupa wilayah terpencil Indonesia. Pemerintah bisa semakin aktif menggerakkan dan membiayai tenaga pendidik sukarela untuk membantu mengembangkan pendidikan di sana.

Contoh Teks Editorial Tentang Lingkungan

Contohnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Setiap orang perlu berusaha menjaga dan menyelamatkan lingkungan sekitarnya. Sebab, lingkungan bersih akan terasa nyaman dan menghindarkan berbagai penyakit. Siswa diharapkan aktif dalam menjaga kebersihan di lingkungan sekolahnya.

Contoh Teks Editorial Beserta Analisisnya

Bisa berdasarkan fenomena sekarang ini tentang penggunaan gadget yang sangat intens. Gadget memang sudah menjadi kebutuhan sebagai alat berkomunikasi dan mencari informasi, serta melakukan segala macam transaksi. Namun, sisi negatifnya bila tidak dibiasakan mengatur pemakaiannya bisa bikin kecanduan. Maka, orang-orang perlu lebih pandai mengatur waktu serta memperbanyak bersosialisasi.

Contoh Teks Editorial Tentang Kesehatan

Masyarakat Indonesia yang semakin tinggi tingkat kemakmuran nya, juga menimbulkan konsekuensi peningkatan penyakit tidak menular. Contohnya seperti hipertensi, jantung, stroke, diabetes, dan kanker. Sebaiknya, masyarakat tetap selalu membiasakan gaya hidup sehat, mulai dari menjaga pola makan, istirahat cukup, hingga olahraga teratur.

Contoh Teks Editorial Tentang Sekolah

Salah satu contoh teks editorial ini bisa mengenai study tour atau wisata belajar yang diadakan oleh sekolah. Kegiatan tersebut dapat memberikan liburan sekaligus aktivitas belajar untuk para murid. Diharapkan, dengan mengikuti aktivitas tersebut maka murid-murid dapat berlibur sekaligus memanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendapatkan ilmu baru yang berguna bagi prestasi akademis mereka.

Contoh Teks Opini Editorial

Teks opini editorial bisa sangat bermacam-macam contohnya. Topiknya pun beragam bisa mencakup contoh-contoh yang disebutkan di atas, maupun tentang berbagai isu lainnya.

Kini, kita sudah lebih mengerti dan memahami tentang teks editorial, kita telah mempelajari tentang pengertian dan contoh teks editorial dengan topik yang beraneka ragam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *