√ 37+ Contoh Teks Anekdot Menyindir Beserta Strukturnya Lengkap

Posted on

Pengertian Teks Anekdot

contoh teks anekdot

Pernahkah Anda mendengar tentang teks anekdot? Teks anekdot adalah cerita singkat bersifat lucu atau menyindir yang menggambarkan seseorang atau kejadian sebenarnya terhadap suatu masalah.

Contoh teks anekdot umumnya berasal dari kejadian nyata yang melibatkan orang, tempat, waktu peristiwa.

Berbeda dengan contoh teks eksposisi, teks anekdot juga memiliki tujuan utama yaitu memberikan atau mengungkapkan suatu kebenaran secara singkat dengan melukiskan sifat karakter sehingga pembaca dapat memahami inti pembahasan.

Apakah Anda ingin mencari teks anekdot beserta contoh-contohnya? Silahkan baca pembahasan lengkapnya berikut ini!

Artikel Terkait : √ 23+ Contoh Teks Negosiasi Beserta Teknik Negosiasi Lengkap

Struktur Teks Anekdot Beserta Contohnya

contoh teks anekdot

Struktur Teks Anekdot Awalan

Bagian awalan teks anekdot disebut abstraksi dan orientasi. Umumnya, abstraksi menggambarkan hal menarik dan unik dari cerita anekdot.

Abstraksi contoh teks anekdot yaitu “suatu hari, ada seorang penjual kupat tahu yang berjualan setiap harinya dari pagi hingga siang. Setiap pukul 12, penjual tersebut umumnya melewati rel kereta api agar sampai lebih cepat di tempat dagang.”

Struktur kedua dari teks anekdot adalah orientasi. Orientasi menggambarkan background cerita atau peristiwa yang terjadi secara detail.

Contoh teks anekdot dan strukturnya bagian orientasi dari abstraksi sebelumnya yaitu “pembeli terakhir dari penjual kupat tahu tersebut membeli di bagian sisi dari rel kereta api tempat biasa penjual kupat tahu berjualan dagangannya.”

Struktur Teks Anekdot Tengah

Bagian tengah teks anekdot dinamakan krisis dan reaksi. Bagian krisis menggambarkan masalah unik dan menarik yang tidak dapat ditemui di kehidupan nyata.

Contoh teks anekdot bagian krisis pada lanjutan cerita sebelumnya yaitu “orang yang mengendalikan kereta atau masinis menginjak rem mesin dengan keras ketika sengaja melihat bendera merah dari penjual kupat tahu.”

Reaksi adalah bagian tengah dari teks anekdot yang bersifat menyelesaikan masalah di isi cerita atau krisis yang ditimbulkan. Reaksi pada contoh teks anekdot sebelumnya yaitu masinis kereta yang diberhentikan oleh bendera penjual tahu lalu bertanya kepada penjual kupat tahu, “masinis kereta api bertanya: kenapa pak?” Cerita ini tentunya masih berlanjut ke bagian koda.

Struktur Teks Anekdot Akhir

Struktur teks anekdot bagian akhir dinamakan koda. Koda umumnya berfungsi untuk menyampaikan kesimpulan dari kejadian atau peristiwa yang dialami oleh tokoh di cerita sebelumnya.

Contoh teks anekdot bagian koda lanjutan dari cerita sebelumnya yaitu “masinis kereta api marah dan turun dari kereta api lalu memukuli penjual kupat tahu yang sedang berdagang”

Contoh teks berita tentunya berbeda dengan contoh struktur teks anekdot. Teks anekdot memilki struktur bagian awal, tengah, dan akhir. Berikut ini beragam contoh dari teks anekdot beserta susunan strukturnya.

Contoh Teks Anekdot Singkat Beserta Strukturnya

contoh teks anekdot

Struktur Teks Anekdot Bagian Awal

Contoh teks anekdot berupa pada suatu ketika saat pulang sekolah, aku berjalan kaki. Aku melihat ada wanita cantik melihat ke arah aku. Dia juga berjalan kaki dan di saat aku melihatnya ternyata dia terus menatap aku.

Struktur Teks Anekdot Bagian Tengah Dan Akhir

Wanita cantik itu berkata, “adik”. Lalu kujawab, “mbak nya (sambil kagum dengan kecantikannya). Lalu, tidak sengaja aku menabrak tong di depanku dan wanita cantik itu berkata, “tadi saya mau mengingatkan adik kalau awas ada tong di depan adik jalan.” Lalu kujawab dengan malu, “iya mbak, aduh, maaf ya mbak.” Lalu si wanita cantik hanya geleng-geleng kepala.

Contoh Teks Anekdot Menyindir Teman Beserta Strukturnya

Struktur Teks Anekdot Bagian Awal

Contoh teks anekdot topik menyindir teman yaitu pada suatu hari aku dan teman sekolah mengadakan reuni di tempat pameran. Temanku bernama Andi datang terlambat di pameran tersebut karena terjebak hujan saat menuju lokasi pameran. Di saat hujan deras, Andi menyapa teman-teman yang lain termasuk aku. Andi menyapa aku, “Hai Ros, apa kabar?

Struktur Teks Anekdot Bagian Tengah Dan Akhir

“Iya baik, kamu bagaimana An?” jawabku. “Baik Ros, apakah kamu benar-benar sehat Ros?” jawab Andi. Aku lalu menimpali, “Iya, aku baik An. Memangnya aku seperti orang sakit?” Lalu Andi menimpali, “kaki kamu sakit? Kok bengkak? Aku lalu menjawabnya, “ini bukan sakit, aku memang gemuk.” Berbeda dengan contoh teks anekdot panjang, tipe cerita ini sangat singkat.

Berikut Contoh Teks Anekdot Sosial Beserta Strukturnya

Struktur Teks Anekdot Bagian Awal

Contoh teks anekdot beserta struktur teksnya topik sosial yaitu pada suatu hari ada kakak beradik yang menonton televisi serta bertukar pendapat mengenai organisasi istri pejabat yang berlibur di luar negeri. “Lihat! Pakaian yang dipakai ibu-ibu tersebut terlihat sangat mewah, kompak, dan memakai barang merek impor mahal.”

Struktur Teks Anekdot Bagian Tengah Dan Akhir

“Memangnya ada apa kak? Bukannya itu hak mereka?” sahut si adik. “Iya, namun coba lihat lagi rambut mereka yang disemir seperti bule, pakaian kompak berwarna baby-pink, dan sepatu high heels yang tampak terlalu tinggi bagi mereka, orang pejabat apakah pantas berpakaian seperti itu?“ timpal si kakak. “kak, mereka ke luar negeri untuk konser.” Lalu mereka berdua tertawa geli.

Berikut Contoh Teks Anekdot Pendidikan Beserta Strukturnya

Struktur Teks Anekdot Bagian Awal

Contoh teks anekdot dengan topik pendidikan yaitu berasal dari sekolah dasar di Semarang. Pada jam istirahat, anak-anak pergi keluar untuk beraktivitas seperti makan di kantin, berolahraga di lapangan, dan membaca buku di perpustakaan. Andi dan Budi sedang membicarakan sesuatu di kantin sambil makan jajan mereka.

Struktur Teks Anekdot Bagian Tengah Dan Akhir

“Bud, mengapa pendidikan zaman dahulu lebih enak dibandingkan sekarang?” Budi lalu menjawab, “karena sekolah dulu itu gratis.” Andi lalu bertanya kembali, “lalu mengapa pendidikan zaman dahulu bisa gratis?” Budi lalu menjawabnya, “karena pemerintah tidak pelit.” Andi bertanya, “Kenapa pemerintah bisa kaya seperti itu?” Budi menjawab, “karena kaya mbahmu..”

Berikut Contoh Teks Anekdot Menyindir Koruptor Beserta Strukturnya

Struktur Teks Anekdot Bagian Awal

Contoh teks ini dapat juga dijadikan contoh teks anekdot politik di Indonesia. Ada sepasang kekasih yang ingin membeli pakaian di suatu pusat belanja. Mereka mencari-cari pakaian yang cocok digunakan di acara pernikahan kakak dari sepasang sejoli tersebut. Di sela-sela memilih pakaian, si cewek menemukan jas super mahal yang dijual di toko tersebut.

Struktur Teks Anekdot Bagian Tengah Dan Akhir

Si cewek lalu berkata pada si cowok, “lihat, mahal ya jas ini. Jas ini buatan luar negeri dan harganya puluhan juta rupiah.” Si cowok lalu menimpali, “apakah kamu tahu ada jas yang lebih mahal dari itu?. “jas apa?” sahutnya. “jas orange yang bertuliskan KPK di belakangnya. Orang biasa tidak bisa memakai jas itu karena hanya orang yang punya uang ratusan hingga triliun rupiah.”

Berikut Contoh Teks Anekdot Lucu Dan Menyindir Beserta Strukturnya

Struktur Teks Anekdot Bagian Awal

Contoh teks anekdot dengan topik lucu dan menyindir yaitu pada suatu hari seorang ayah duduk di ruang tamu bersama si anak dan si istri. Ketika ayah dan anak sedang membicarakan soal hand phone baru, si ayah lalu tiba-tiba mengeluarkan hand phone baru dari saku celana.

Struktur Teks Anekdot Bagian Tengah Dan Akhir

“Cahyo, ayah beli hand phone baru.” Lalu si anak menimpali, “ayah kenapa tidak bilang? Beli dengan siapa?” “Sama ibumu.” Lalu si anak menimpali, “coba lihat hand phone apa itu.” “Bagaimana? Keren tidak?” sahut ayah. “Saranku coba tukar saja, jari ayah terlalu besar untuk layar HP android itu.” Akhir dari contoh teks anekdot ini yaitu jawaban ayah, ”Oh begitu ya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *