paragraf argumentasi
@pixabay.com

13 Contoh Paragraf Argumentasi Lengkap dengan Ciri & Cara Membuatnya

Posted on

Paragraf argumentasi memiliki kesamaan dengan paragraf persuasi, yakni sama-sama menjelaskan opini dan keyakinan sang penulis. Hanya saja argumentasi lebih memaksa pembaca, sedangkan persuasi sifatnya lebih ke mempengaruhi pembaca. Nah, paragraf argumentasi akan menjadi bahasan kita pada artikel ini, dan saya juga akan menyertakan contoh paragraf argumentasi.

Pengertian Paragraf Argumentasi

presentasi, pengertian paragraf argumentasi
@pixabay,com

Paragraf argumentasi adalah salah satu jenis paragraf yang sering kita temui, seperti contohnya pada tajuk, orasi, teks, atau wacana dan juga teks-teks yang digunakan untuk bahan diskusi lainnya.

Paragraf argumentasi adalah sebujah paragraf yang berisi tentang opini, gagasan dan ide-ide penulis yang gunanya adalah untuk meyakinkan atau mempengaruhi sang pembaca agar memiliki keyakinan atau pendapat yang sama dengan penulis.

Pada paragraf agumentasi, sang penulis wajib menyertakan fakta, teori serta data-data yang akurat supaya apa yang dipaparkan penulis tidak dianggap sebagai omong kosong san supaya tujuan sang penulis untuk merayu pembaca dapat tercapai dan akhirnya pembaca bisa memiliki keyakinan serta pendapat yang sama dengan sang penulis.

Perbedaan & Pesamaan Paragraf Argumentasi  dengan Persuasi

biji kopi, perbedaan
@pixabay.com

Argumentasi

  • Tujuannya untuk mempengaruhi sang pembaca tentang sebuah masalah atau konflik supaya sang pembaca memiliki keyakinan yang sama dengan paragraf yang dia baca
  • Menyertakan alasan yang masuk akal serta bukti-bukti konkret agar pembaca yakin bahwa pendapat sang penulis memang benar.
  • Pada paragraf argumentasi menyertakan bukti-bukti kuat adalah wajib.
  • Di dalam pemaparannya, sang penulis menyertakan data-data seperti statistik, grafik atau bukti-bukti seperti foto, video dan sejenisnya.

Baca Juga: Pengertian Paragraf Induktif beserta Contohnya

Persuasi

  • Tujuan dibuatnya paragraf persuasi adalah untuk meyakinkan pembaca.
  • Penulis tidak harus menyertakan bukti-bukti atau fakta untuk mencapai tujuan ditulisnya paragraf ini, melainkan sang penulis menggunakan cara dengan merayu dan merangsang pembaca untuk melakukan apa yang diminta oleh penulis.
  • Di dalam paragraf persuasi disertakan alasan ( bersifat motorik atau penggerak ).
  • Di dalam paragraf hanya berisi hanya paparan penulis untuk mempengaruhi pembaca, meskipun penulis menyertakan bukti atau data-data biasanya hanya sedikit sekali, tidak sebanyak pada paragraf argumentasi.

Sedangkan kesamaan yang paling mencolok di antara keduanya adalah sama-sama digunakan untuk menjelaskan opini dan apa yang diyakini penulis.

Cara Menulis Paragraf Argumentasi

Menulis sebuah paragraf argumentasi ternyata memiliki beberapa point yang harus anda penuhi, point-point tersebut antara lain:

  • Menentukan Topik
  • Menentukan Tema
  • Menyusun kerangka paragraf
  • Mengumpulkan data/fakta
  • Mengembangkan kerangka paragraf menjadi paragraf

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

telur, ciri-ciri
@pixabay.com
  • Berdasarkan apa yang telah saya jelaskan di atas pada pengertian paaragraf argumentasi, maka dapat disimpulkan bahwa suatu paragraf dapat dikatakan sebagai paragraf argumentasi apabila memiliki ciri-ciri seperti:
  • Berisi pendapat, opini sang penulis terhadap suatu persoalan.
  • Mengandung data-data konkret dan fakta sebagai penguat pendapat sang penulis untuk meyakinkan pembaca.
  • Memaparkan suatu masalah bedasarkan analisa dan bedasarkan data yang ada.
  • Pada akhir paragraf berupa opini atau apa yang diyakini oleh penulis itu sendiri.

Jenis Paragraf Argumentasi

Jenis paragraf argumentasi dikelompokan menjadi dua berdasar pada cara pemaparan dan pengembangan topik utama yang dibahas pada paragraf tersebut, yakni:

  • Paragraf argumentasi sebab – akibat
  • paragraf argumentasi akibat – sebab

Contoh Paragraf Argumentasi

contoh paragraf argumentasi
pixabay,com

Paragraf Argumentasi Sebab – Akibat

Paragraf argumentasi jenis ini diawali dengan sebab-sebab dan dibahas mendalam oleh penulis hingga pada bagian akhir paragraf bisa berupa akibat-akibat dari kesimpulan sebab-sebab yang telah dipaparkan.

Contoh Paragraf Argumentasi Sebab – Akibat

1#

Kesadaran netizen di indonesia tentang menjaga persatuan sangatlah kurang, berbagai konten sara disebarkan begitu saja tanpa mempertimbangkan akibat dari perbuatannya tersebut.

Seperti halnya ketika ada status di media sosial yang berisi kebencian serta hoax yang dapat menimbulkan perpecahan pun para netizen di indonesia ini dengan kepolosannya menyebarkan status tersebut.

Akibatnya media sosial di indonesia sangat kacau dan banyak bertebaran konten-konten negatif yang merugikan neter lainnya.

2#

Budi adalah anak yang penakut dan pengecut, namun suatu hari ibu budi meminta tolong kepada budi untuk mengantar ibunya ke pasar, sialnya dalam perjalanannya budi dan ibunya dicegat oleh seorang begal yang hendak merampas sepeda motor milik budi.

Budi bengong sesaat dan menyadari bahwa nyawa sang ibu budi juga terancam nyawanya, dengan modal nekat akhirnya budi mencoba melawan begal tersebut demi melindungi ibunya. Budi segera melepaskan helm yang dipakainya kemudian melemparkannya ke begal tersebut hingga begal tersebut terjatuh dan berdarah-darah. Sehingga sang begal pun kabur.

Semenjak kejadian tersebut akibatnya budi sang pengecut kini berubah menjadi budi sang pemberani.

Paragraf Argumentasi Akibat – Sebab

Pada awal paragraf, peragraf jenis ini menjabarkan tentang akibat-akibat yang timbul akibat suatu masalah. Dan pada akhir paragraf berupa penyebab-penyebab timbulnya akibat yang paparkan pada awal paragraf.

Contoh Paragraf Argumentasi Akibat – Sebab

1#

Pak Andi dinobatkan sebagai kepala desa terbaik Sekota Bandung, pada perayaan kemerdekaan minggu lalu yang diselenggarakan di taman sate Kota Bandung  yang dihadiri oleh Pak Ridwan Kamil selaku Walikota Bandung.

Dalam acara tersebut pak walikota mengungkapkan rasa terimakasih kepada warga bandung karena mampu menjaga kerukunan dan persatuan. “Kerukunan yang terjalin di Kota Bandung tentunya tidak lepas dari peran seorang Kepada Desa.” begitu yang dikatakan oleh pak walikota.

Akhirnya Pak Ridwan Kamil memberikan penghargaan kepada Pak Andi selaku kepala desa berprestasi. Tidak heran jika Pak Andi mendapatkan predikat sebagai kepala desa terbaik, pasalnya beliau memang rajin dan selalu memperhatikan permasalahan warganya serta memberikan jalan keluar jika ada warganya yang berkonsultasi kepadanya.

Selain memperhatikan warganya, Pak Andi juga banyak memberikan inovasi-inovasi pada desanya agar lebih maju dan mampu memaksimalkan SDM yang ada, sehingga langkahnya ini mampu mengurangi pengangguran di desanya hingga 37%.

2#

Pak Qosim termasuk salah satu orang tua yang berhasil mendidik anak, tidak hanya soal pendidikan formal, beliau juga menanamkan pendidikan agama serta mental kepada anak-anaknya.

Ihya adalah salah satu anak beliau yang berhasil mengharumkan nama Indonesia, dia berhasil memenangkan lomba cerdas cermat bahasa inggris tingkat ASEAN.

“Alhamdulillah, ini juga berkat didikan serta do’a dari orang tua saya.” Begitulah kata Ihya ketika ditanya rahasia keberhasilannya.

Tidak heran juga jika Pak Qosim sangat dibangga-banggakan anaknya, pasalnya beliau juga dikenal sangat penyabar, tidak hanya soal mendidik anak, dalam menghadapi tiap persoalan entah itu di kalangan keluarga maupun di masyarakat beliau selalu matang dalam berfikir dan tegas serta mementingkan kepentingan bersama.

Nah, bagaimana? Apakah artikel kali ini sudah membuat anda lebih mengerti tentang paragraf argumentasi? Demikian pembahasan kita kali ini tentang ciri, pengertian dan juga contoh paragraf argumentasi. Semoga apa yang saya share bermanfaat bagi pembaca. Apabila terdapat kesalahan saya mohon maaf sebesar-besarnya. Jangan ragu untuk berkomentar apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan  atau sekedar menyampaikan kritik dan saran. Terimakasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *