contoh makalah lengkap
pixabay,com

Kesalahan Fatal dalam Membuat Makalah dan Unsur, Susunan serta Contoh Makalah yang Baik

Posted on

Pengertian Makalah

Pengertian Makalah secara umum ialah salah satu jenis karya tulis yang bersifat ilmiah yang disertai dengan pembahasan mendalam, khusus, terstruktur bedasarkan kajian teori maupun kajian lapangan. Umumnya pembuatan makalah bertujuan untuk memenuhi tugas khusus seperti tugas akademik ataupun tugas non-akademik. Sebuah makalah bisa sebagai wahana informasi, demonstrasi & pemahaman penulis tentang suatu hal yang dikaji sang penulis dalam menerapkan suatu mekanisme/prosedur, prinsip, atau teori yg bekerjasama dengan masalah khusus. Selain itu, makalah bukanlah sebuah rangkuman namun sebagai wahana untuk menunjukan kemampuan pemahaman terhadap isi menurut sang penulis sebagai sarana untuk memecahkan suatu permasalahan.

Fungsi Makalah

Fungsi yang wajib dipenuhi sebuah makalah diantaranya:
  • Untuk melatih sang penulis agar bisa menyusun karya ilmiah secara akurat & cermat
  • Memperluas wawasan keilmuan bagi penulisnya
  • Menyampaikan ide pemikiran baik berupa konsep teoretis dan juga  konsep praktis
  • Menyampaikan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan dan juga pemecahan suatu masalah

Jenis-jenis Makalah

Jenis jenis makalah umunya dibagi menjadi tiga jenis yaitu:

Makalah Deduktif

Makalah dedukatif adalah makalah yang isi tulisannya berdasarkan pada kajian teoretis (sumber/pustaka yang relevan dengan problem yang dibahas).

Makalah Induktif

Makalah induktif adalah makalah yang disusun bedasarkan data realitas yang bersifat objektif, diperoleh dari lapangan yang relevan dengan problem yang dibahas.

Makalah Campuran

Makalah Campuran adalah makalah yang penulisannya berdasarkan pada kajian teoretis digabung data realitas yg relevan dengan problem yang dibahas.

Makalah Campuran terbagi lagi menjadi 6 jenis antara lain:

Makalah Ilmiah, makalah ini umumnya membahas masalah yang ditulis dari implikasi studi ilmiah & jenis makalah ini tidaklah hanya bedasarkan pendapat atau opini dari sang penulis yang bersifat subyektif.

Makalah Kerja, umumnya makalah ini diperoleh dari implikasi sebuah penelitian & memungkinkan sang  penulis makalah tadi berargumentasi dari permasalahan yang dibahas yang dihasilkan dari sebuah proses penelitian & itu artinya opini yang bersifat subyektif dari sang penulis lebih memungkinkan untuk dikemukakan dalam makalah jenis ini.

Makalah Kajian, isi dari makalah ini umumnya menjadi wahana pemecahan suatu problem yang bersifat kontroversial.

Makalah Posisi, makalah jenis ini digunakan untuk karya tulis yang disusun atas permintaan suatu pihak yang kegunaannya menjadi alternatif pemecahan problem yang kontroversial. Prosedur pembahasan & penulisannya dilakukan secara ilmiah.

Makalah Analisis, sifat dari makalah ini ialah obyektif-realitas

Makalah Tanggapan, umumnya makalah ini dijadikan sebagai tugas mata kuliah bagi mahasiswa yang isinya adalah reaksi terhadap suatu bacaan.

Cara Membuat Makalah Disertai Contoh Makalah

1. Unsur Pembuatan Makalah

Pembuatan sebuah makalah yang baik memiliki beberapa unsur, antara lain:
  • Data yang dipergunakan memiliki validitas yang tinggi dan melalui analisis serta interpretasi haruslah objektif.
  • Makalah wajib bisa menunjukan kejujuran ilmiah penulis.
  • Penulis makalah wajib menjelaskan suatu makalah beserta sumber data & opini yang dipergunakan pada makalahnya.
  • Makalah wajib dengan bahasa yang jelas, singkat, sederhana, & teliti. Makalah wajib tersistematis & utuh.

2. Membuat Cover Makalah

Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara membuat cover makalah yang baik & benar. Sebelum anda membuat cover makalah, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, yakni membentuk kerangka makalah.

1. Judul Makalah

Judul adalah bagian pertama yang harus ditulis terlebih dahulu. Pemberian judul ini berfungsi untuk menyampaikan suatu informasi primer kepada para pembaca mengenai hal yang akan diulas dalam makalah tersebut. Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam penulisan judul ini adalah sebagai berikut. Format:
  • Menggunakan font Times New Roman, dengan size: 14 atau 16, alfabet kapital (caps lock) & di Bold.
  • Pengaturan margin, bagian kiri: 3,5 cm, bagian kanan: 2 cm, bagian atas & bawah: 2,5 cm.
  • Atur posisi tulisan menggunakan rata tengah, caranya tekan CTRL + E pada microsoft word.
  • Ukuran kertas yang digunakan adalah A4.

2. Tujuan Pembuatan Makalah

Langkah selanjutnya adalah membentuk bagian tujuan pembuatan makalah. Pada bagian ini ditulis beberapa alasan atau tujuan kenapa makalah ini dibuat. Misalnya: Makalah ini dibuat sebagai persyaratan untuk mengikuti Ujian Nasional & Uji Kompetensi.

Logo adalah hal yang wajib untuk dicantumkan dalam penyusunan cover makalah. Ini dikarenakan dengan adanya logo menunjukkan bahwa makalah tersebut memang bersifat resmi. Logo diletakkan pada bagian tengah cover, untuk ukurannya sendiri bisa diadaptasi saja. Yang penting jangan terlalu kecil ataupun terlalu besar. Cukup bisa terlihat dengan jelas oleh pembacanya.

4. Identitas Penulis

Identitas penulis dicantumkan dibawah logo. Bila makalah ini dikerjakan secara individu maka yang perlu dicantumkan adalah nama, kelas/jurusan, & nomor identitas diri. Nah, bagaimana kalau makalahnya dikerjakan secara berkelompok ? Kamu bisa menuliskan nama anggota dalam kelompok itu saja.

5. Identitas Instansi / Kampus / Sekolah / Organisasi

Langkah selanjutnya ialah memcantumkan identitas instansi / universitas / sekolah / organisasi yang ditempati oleh sang penulis. Penulisan ini menggunakan huruf alfabet kapital & ditebalkan. Contohnya misalnya ini.

Nama Sekolah atau Universitas

SMK NU BOYOLALI UNIVERSITAS INDONESIA UNIVERSITY OF OXFORD Nama Jurusan

AKUNTANSI SMK NEGERI II BOYOLALI MANAJEMEN INTERNATIONAL UNIVERSITAS GAJAH MADA FACULTY OF HEALTH OXFORD UNIVERSITY

6. Alamat

Berikutnya adalah mencantumkan alamat. Tuliskan identitas alamat sekolah / Universitas / Lembaga terkait yang anda tempati. Untuk penulisannya sendiri menggunakan font dengan berukuran 10. Tuliskan yang lengkap (nama jalan, nomor alamat, kecamatan atau distrik, kabupaten, provinsi, & Kode pos).

Jangan lupa untuk menyertakan kontak yang mampu dihubungi misalnya nomor telepon, email & Faksimile.

7. Tahun Pembuatan Makalah

Hal terakhir yang harus anda lakukan adalah mencantumkan tahun pembuatan. Ini dikarenakan makalah adalah sebuah dokumen, maka tahun pembuatan makalah ini berfungsi sangat penting sebagai arsip. Jadi apa bila suatu saat diperlukan dapat ditemukan dengan mudah.

Contoh Cover Makalah

Contoh Cover

Kata Pengantar

Jika Anda sering bergelut dengan karya tulis seperti makalah, skripsi, tesis, novel & lain sebagainya tentunya Anda tidak akan asing lagi dengan istilah kata pengantar. Dalam menulis karya tulis, kata pengantar merupakan bagian penting serta tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Mengapa demikian? Sebab tentunya karya tulis yang anda buat akan tampak tidak baik & tidak lengkap jika seandainya anda tidak menyertakan kata pengantar di dalamnya.

Isi Kata Pengantar

Seperti namanya, kata pengantar merupakan halaman yang berisi seputar ucapan-ucapan dari sang penulis atas terselesaikannya penulisan karya tulis yang telah dibuatnya, baik itu tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terimakasih, tujuan dan manfaat dari penulis, serta kritik & saran yang membangun. Tidak hanya itu, umumnya pula kata pengantar berisi tentang kalimat penjelasan & pengharapan yang memiliki kaitan dengan tema dengan isi makalah yang ditulis oleh sang penulis itu sendiri. Apa Pentingnya Menulis Kata Pengantar?

Pentingnya Menulis Kata Pengantar

Pada sebuah karya tulis yang berupa buku, baik itu buku pelajaran, biografi, maupun buku novel, tentunya anda sudah lazim menemukan kata pengantar di dalamnya. Tidak hanya kata pengantar, selain itu, anda juga dapat menemukan suatu yang tidak kalah pentingnya seperti daftar isi, daftar pustaka dan sebagainya yang secara tidak langsung memberikan pengaruh pada profesionaliras karya yang dibuat. Nah, sebenarnya pentingnya ditambahkannya kata pengantar itu juga sebagai bentuk rasa hormat penulis terhadap para pembacanya. Perlu diingat pula dalam merangkai kalimat kata pengantar pun tentunya anda harus menggunakan bahasa yang standar serta menggunakan kalimat yang efektif. Mengapa demikian? Tentunya agar para pembaca lebih mudah memahami hal yang anda tulis.

Struktur Kata Pengantar

Kata pengantar mempunyai beberapa struktur yang perlu anda ketahui, antara lain adalah :

Pembukaan

Pada bagian pembukaan yaitu pada paragraf pertama hingga paragraf kedua, berisikan tentang ucapan syukur penulis atau tim penyusun atas terselesaikannya karya tulis yang dibuat. Nah, di Indonesia sendiri umumnya ucapan terima kasih yang terdapat pada bagian pembukaan ini ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa & tentunya disesuaikan dengan agama masing-masing. Misalnya dalam Agama Islam, ucapan terima kasih atau rasa syukur ditujukan kepada Allah SWT Yang Maha Esa. Lalu setalah ucapan rasa syukur, umumnya dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu dalam proses penyelesaian penulisan karya tulis tersebut. Sedangkan ucapan kepada pihak-pihak tertentu biasanya diurutkan dengan seberapa besar pengaruh pihak tersebut dalam penyelesaian penulisan karya tulis. Misalnya dalam pembuatan makalah tugas, maka nama pertama yang disebutkan dalam kata pengantar khususnya adalah ucapan terima kasih kepada guru kelas yang telah memberikan tugas. Barulah setelahnya pihak-pihak yang berjasa dalam pengerjaan makalah.

Isi

Pada bagian isi berisi mengenai gambaran isi karya tulis yang anda buat. Biasanya, dimulai dengan menyebutkan judul karya tulis. Barulah kemudian dijelaskan sedikit mengenai pembahasan & bagaimana penulis menuliskan isi tersebut dalam karya tulis. Sebisa mungkin jangan terlalu panjang dalam menuliskan bagian isi ini. Cukup menjelaskan pokok dari isi karya tulis anda supaya pembaca mendapatkan sedikit pandangan mengenai karya tulis yang anda buat.

Penutup

Pada bagian penutup berisi tentang permohonan maaf serta harapan penulis dari karya tulis yang telah dibuat. Nah, permohonan maaf ini sifatnya lebih tertuju untuk pembaca apabila suatu saat pembaca menemukan beberapa kesalah dari karya tulis anda. Sebab tentunya karya tulis seseorang tidak akan luput dari kesalahan dan kekurangan. Permohonan maaf sangat perlu untuk ditulis karena penulis tentunya tidak mungkin dapat bertatap muka dengan pembacanya satu persatu. Sehingga, sekiranya ditemukan kesalahan pada karya tulis yang telah anda buat, setidaknya anda sudah memberikan permohonan maaf pada kata pengantar Anda. Lalu untuk harapan, dapat anda tulis tentang beberapa pandangan lebih lanjut berasal topik yang anda angkat dalam karya tulis anda, yang nantinya topik tersebut dapat anda angkat lagi namun dalam bentuk karya tulis baru & dalam sudut pandang yang berbeda pula.

Cara menulis Kata Pengantar

Sebelum membahas jauh tentang kata pengantar, sebelumnya yang perlu anda ketahui adalah mengenai bagaimana metode penulisan kata pengantar yang baik dan betul. Mengapa anda harus mengetahui hal tersebut? Sebab agar anda tidak bergantung pada contoh kata pengantar yang akan saya berikan pada artikel ini. Sebab perlu ditegaskan bahwa kata pengantar tak ayal adalah suatu curahan hati penulis & pemikiran si penulis untuk para pembacanya. Metode menulis kata pengantar tidak akan jauh beda isinya dengan pembahasan sebelumnya mengenai struktur kata pengantar.

Contoh Kata Pengantar yang Betul

Mengenai kata pengantar, direkomendasikan untuk anda supaya pada bagian awal menyertakan kalimat yang mengungkapkan rasa syukur serta pujian Anda terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Contohnya : Alhamdulillah, Puji syukur & lain-lain. Setelah itu berikan sedikit penjelasan singkat mengenai materi dalam karya tulis yang hendak anda buat. Buat juga maksud dan tujuan anda membuat karya tulis tersebut. Selain itu, anda perlu menyertakan ungkapan rasa terima kasih terhadap mereka yang telah membantu anda dalam pembuatan karya tulis tersebut. Misalnya : Guru, dosen, teman, keluarga, sahabat, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menulis harapan apa saja yang anda harapkan pada penulisan karya tulis yang akan anda buat. Pada bagian akhir, jangan lupa untuk menulis ungkapan permohonan maaf jika terdapat kekurangan pada karya tulis anda, serta tunjukkan pula ke pembaca supaya mereka berkenan untuk memberikan saran serta kritik mengenai karya tulis yang telah Anda buat. Berikut kami sajikan beberapa contoh dalam penulisan kata pengantar.

Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala atas segala karunia nikmatnya sehingga makalah pendidikan yang berjudul “Menakar Efektifitas Kurikulum 2013” ini dapat diselesaikan dengan maksimal, tanpa ada halangan yang berarti. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Pendidikan Dasar yang diampu oleh Ibu Hj. Asmaul Husna M.Pd.

Pemilihan tema ini didasari atas keresahan penulis terhadap keputusan pemerintah yang sering mengganti kurikulum resmi negara. Seringnya pergantian kurikulum ini membuat para pengajar di lapangan tidak memahami dengan benar konsep dasar kurikulum-kurikulum tersebut. Semoga dengan adanya makalah pendidikan ini dapat membuka pola fikir penulis khususnya  dan pembaca pada umumnya.

Makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Untuk itu kami ucapkan terima kasih.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kesalahan dalam penyusunan makalah ini, baik dari segi EYD, kosa kata, tata bahasa, etika maupun isi. Oleh karenanya penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian untuk kami jadikan sebagai bahan evaluasi.

Demikian, semoga makalah ini dapat diterima sebagai ide/gagasan yang menambah kekayaan intelektual bangsa.

Tegal, 18 Agustus 2018

Penulis

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahi Robbil ‘Alami, Segala puji bagi Allah SWT Tuhan Semesta Alam. Atas segala karunia nikmatNya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan sebaik-baiknya. Makalah yang berjudul “Memahami Pancasila dan Undang-Undang Dasar 19945 Sebagai Dasar Negara” disusun dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata pelajaran PKn yang diampu oleh Bapak Suwardi Syamsi  M. H, M. Pd.

Makalah ini berisi tentang makna dasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar serta posisinya di dalam penerapan konstitusi di Indonesia. Dalam penyusunannya melibatkan berbagai pihak, baik dari dalam sekolah maupun luar sekolah. Oleh sebab itu saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala kontribusinya dalam membantu penyusunan makalah ini.

Meski telah disusun secara maksimal, namun penulis sebagai manusia biasa menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Karenanya penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian.

Besar harapan saya makalah ini dapat menjadi sarana membantu masyarakat dalam memahami sumber hukum tertinggi di Indonesia yakni Pancasila dan UUD 1945.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan, semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari karya ini.

Tegal, 18 Agustus 2018

Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *