buku dan kacamata
ngocto.edu.vn

√ 17+ Contoh Karya Ilmiah beserta Macam-macam Karya Ilmiah Pilihan

Posted on

Contoh Karya Ilmiah Bahasa Indonesia. – Jika anda sedang mengenyang pendidikan di perguruan tinggi mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan karya ilmiah. Bahkan mungkin anda sudah terbiasa membuat sebuah karya ilmiah, entah itu berupa penelitian di lapangan atau sebuah makalah. Nah, kali ini saya akan menjelaskan mulai dari pengertian/definisi karya ilmiah, bagian-bagian karya ilmiah hingga contoh karya ilmiah.

Pengertian Karya Ilmiah

karya ilmiah
pintubelajarcerdas.blogspot.com

Mungkin anda bertanya-tanya “Apa itu karya ilmiah?”. Jadi, karya ilmiah adalah sebuah karya yang bisa berupa laporan atau kesimpulan dari hasil penelitian yang disampaikan dengan sistem tertentu dan didasari dengan data-data. Dan yang terpenting adalah isi dari karya ilmiah itu sendiri harus dapat dipertanggungjawabkan kebenaran data-datanya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian karya ilmiah adalah suatu karya tulis yang isinya hasil dari sebuah penelitian ilmiah. Penelitian ilmiah sendiri bisa dilakukan di lapangan atau pada suatu objek tertentu yang hasilnya berupa informasi logis yang dapat diterima oleh pembaca.

Umunya karya ilmiah isinya membahas hal-hal baru yang belum pernah dibahas oleh orang lain yang umumnya isi dari karya ilmiah tersebut berupa pembahasan dan pemecahan masalah pada suatu konflik atau permasalahan umum pada masyarakat.

Namun, karya ilmiah juga bisa membahas hal-hal yang sudah pernah dibahas sebelumnya oleh orang lain. Hanya saja jika membahas hal yang sama biasanya isi dari karya ilmiah itu sendiri adalah berupa pengembangan dari yang pernah dibahas sebelumnya.

Manfaat Karya Ilmiah

manfaat karya ilmiah
jefri-fernata.blogspot.com

Karya ilmiah dalam pembuatannya tentu saja membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran yang dikorbankan oleh penulis. Tentunya penulis berharap dari karya ilmiah tersebut ada manfaatnya bagi pembaca maupun bagi penulis sendiri. Apa saja manfaat karya ilmiah? Berikut ini beberapa manfaat umum karya ilmiah:

Melatih kemampuan penulis pada aspek membaca, memahami dan manganalisa. Karena dalam pembuatan karya tulis tentunya sang penulis akan membutuhkan banyak bahan bacaan untuk mencari teori atau fakta yang dapat digunakan sebagai bahan bahasan pada karya ilmiah.

  • Melatih penulis untuk merangkum dan menggabungkan kesimpulan dari setiap bacaan yang penulis baca ketika mencari bahan atau referensi.
  • Membuat sang penulis lebih akrab dengan dunia perpustakaan.
  • Melatih sang penulis dalam penyampaian fakta, teori serta opini-opini agar lebih mudah dipahami dan diterima oleh pembaca.
  • Melatih kemampuan penulis dalam mengorganisir tiap apa yang dia baca.
  • Jika yang ditulis adalah pembahasan tentang hal baru, maka karya ilmiah tersebut dapat menjadi acuan untuk karya-karya ilmiah selanjutnya apabila ada yang ingin mengembangkan apa yang tertulis dalam karya ilmiah tersebut.
  • Mematangkan sang penulis dalam dunia akademik dan pendidikan sehingga wawasan sang penulis lebih berkembang.
  • Menambah wawasan bagi penulis, karena dalam pembuatan karya ilmiah sang penulis akan banyak membaca untuk mencari bahan.
  • Penulis akan merasakan keintelektualannya meningkat sehingga mampu menambah kepercayaan diri bagi sang penulis.

Tujuan Pembuatan Karya Ilmiah

contoh karya ilmiah
ciputrauceo.net

dalam pembuatan karya ilmiah tentunya mengandung tujuan-tujuan tertentu. Apa saja tujuan pembuatan karya ilmiah? Berikut ini adalah tujuan umum pembuatan karya ilmiah:

  • Untuk melatih menyampaikan suatu data, pemikiran atau sebuah opini agar lebih tersistematis dan mudah dipahami.
  • Untuk melahirkan pelajar/mahasiswa yang memiliki skill kepenulisan dan mampu menghidupkan dunia literisasi dengan menulis.
  • Untuk melahirkan generasi pemikir dari kalangan pelajar dan mampu menghasilkan pemikiran-pemikiran yang bermanfaat.
  • Dengan dibuatnya sebuah karya ilmiah, maka diharapkan karya ilmiah tersebut dapaat memberikan manfaat bagi sang pembaca.
  • Dapat menjadi bukti bahwa seorang pelajar memiliki kemampuan berfikir ilmiah dan kritis dalam menghadapi suatu masalah dan menyelesaikannya.
  • Melatih kemampuan meneliti sesuatu bedasarkan data-data yang falid sehingga apa yang disampaikan dapat dipertanggung jawabkan.
  • Membentuk kepribadian yang kritis dan mau menelusuri suatu data, sehingga tidak sembarangan menyimpulkan suatu perkara.

Bagian-bagian yang Perlu diperhatikan Dalam sebuah Karya Ilmiah

bagian bagian karya ilmiah
diaryuce.files.wordpress.com

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam pembuatan suatu karya ilmiah. Kira-kira apa saja? Nah, berikut ini hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam pembuatan karya ilmiah:

  • Gagasan yang dimuat dalam harus bermuatan ilmiah atau bedasarkan data.
  • Keindahan suatu karya ilmiah bergantung pada pemikiran sang penulis dalam penyampaiannya.
  • Ide atau pemikiran harus tertuang dengan sistematis.
  • Karya ilmiah akan lebih indah dinikmati apabila disampaikan dengan kaidah bahasa yang mudah dipahami.
  • Terdapat suatu tabel atau data pada suatu karya ilmiah dapat menambah ketertarikan pembaca, karena karya ilmiah yang berisi dan tidak hanya berisi opini semata.

Baca Juga: Cara Membuat Paper & Contohnya 

Syarat-syarat Karya Ilmiah Secara Umum

buku dan kacamata
ngocto.edu.vn

Pada umunya, syarat suatu karya ilmiah adalah terdapat bagian awal, inti dan akhir. Penjabaran dari bagian bagian tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Bagian Awal
    Pada bagian awal seperti umumnya memuat bagian cover, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel dan lampiran. Biasanya penulis juga menyampaikan rasa syukur pada bagian awal, rasa syukur tersebut ditujuan kepada Tuhan YME sehingga karya ilmiah tersebut dapat diselesaikan.
  2. Bagian Inti
    Pada bagian inti karya ilmiah memuat pendahuluan, isi dari karya ilmiah, kesimpulan, pemecahan masalah dan juga permintaan kritik dan saran terhadap karya ilmiah yang telah dibuat. Pada bagian inti ini juga terdapat beberapa sub judul yang menjadi pembahasan inti, sehingga karya ilmiah lebih sistematis dan mudah dipahami pembaca.
    Pada beberapa sub judul tersebut umumnya berisi penjelasan suatu masalah yang diangkat dalam makalah itu sendiri, mulai dari awal mula terjadinya masalah, konfik, hingga penyelesaian masalah.
  3. Bagian Akhir
    Pada bagian ini umumnya berisi ucapan terimakasih kepada Tuhan YME. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang berjasa dalam pembuatan makalah tersebut.
    Selain ungkapan terimakasih, pada bagian ini juga umumnya terdapat daftar pustaka sumber-sember referensi dalam pembuatan makalah dan juga lampiran-lampiran yang berupa foto atau dukumen jika diperlukan.

Macam-macam Karya Ilmiah

buku dan kacamata
kata.co.id

Jika anda mendapat tugas untuk membuat suatu karya ilmiah bebas dan anda dapat menentukan karya ilmiah sendiri, maka anda perlu mengetahui beberapa jenis karya ilmiah yang dapat anda pilih untuk memenuhi tugas tersebut. Jenis-jenis karya ilmiah yang dapat anda pilih antara lain:

  1. Makalah
    Makalah adalah salah satu karya ilmiah yang isinya berupa sebuah hasil penelitian, jadi apa yang tertulis di makalah data-datanya bedasarkan hasil analisa lapangan yang bersifat objektif. Jika anda ingin membuat makalah, maka anda bisa mengunjungi artikel saya sebelumnya, di sana saya sudah membahas mulai dari pengertian makalah sampai contoh makalah lengkap.
  2. Skripsi
    Skripsi umunya dijadikan tugas akhir penentu kelulusan dalam dunia perkuliahan s1. Data yang ditulis dalam skripsi berupa hasil penelitian dan analisa lapangan. Penulisan dalam skipsi pun tidak sembarangan, maka tidak heran jika banyak mahasiswa yang mengeluhkan tentang skripsi.
  3. Disertasi
    Disertasi hampir sama dengan skripsi, hanya saja pada disertasi ini ditugaskan kepada mereka yang ingin mendapatkan gelar  Doktor (Dr.) dalam sarjana s3.
  4. Proposal Penelitian

Sistem Penulisan Karya Ilmiah

Contoh Karya Ilmiah

Contoh Karya Ilmiah Yang Benar
Contoh Karya Ilmiah Ut
Contoh Karya Ilmiah Tentang Tumbuhan
Contoh Karya Ilmiah Tentang Sampah
Contoh Karya Ilmiah Tentang Pendidikan
Contoh Karya Ilmiah Tentang Lingkungan Hidup
Contoh Karya Ilmiah Tentang Kesehatan
Contoh Karya Ilmiah Singkat
Contoh Karya Ilmiah Sederhana
Contoh Karya Ilmiah Populer
Contoh Karya Ilmiah Penelitian
Contoh Karya Ilmiah Pendidikan
Contoh Karya Ilmiah Lengkap
Contoh Karya Ilmiah Kesehatan
Contoh Karya Ilmiah Formal
Contoh Karya Ilmiah Biologi
Contoh Karya Ilmiah Bahasa Indonesia

Nah, demikian pembahasan kali ini tentang pengertian karya ilmiah hingga contoh karya ilmiah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi saya dan pembaca. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *