Ciri-ciri Negara Berkembang & Tantangan yang Dihadapinya

Posted on

Teman-teman tentu tahu contoh negara maju dan berkembang dong? Kalau negara maju sekelas Amerika Serikat sih kalian tentu tahu ya. Negara yang merupakan kampung halaman penyanyi Ariana Grande itu adalah contoh negara maju di dunia.

Kalau contoh negara yang berkembang kalian tahu juga gak? Pasti kalian serentak bilang “Indonesia”. Benar sih, kalau Indonesia adalah salah satu negara berkembang di dunia.

Pada kesempatan kali ini kita gak akan membahas kampung halaman Ariana Grande ya. Kalian kan sudah bisa menyebutkan tuh contoh negara yang berkembang. Tapi kalian tahu gak, apa ciri-ciri negara dikatakan berkembang? Kalau kalian belum tahu, kita simak materi ini yuk!

Pengertian dan Ciri-ciri Negara Berkembang

negara berkembang

Negara dikatakan berkembang apabila tingkat kesejahteraan masyarakatnya masih pada taraf sedang atau berkembang. Berbeda dengan negara maju yang memiliki pemerataan tingkat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang tinggi ya. Oh ya, negara yang berkembang tidak melulu identik dengan negara yang miskin dan tingkat ekonomi rendah lho.

Pasalnya, beberapa negara belum maju dikarenakan luasnya negara tersebut dan pertumbuhan penduduk yang tinggi, yang mengakibatkan tidak meratanya taraf ekonomi masyarakat. Kurangnya pemanfatan potensi yang ada dalam negara tersebut juga menjadi alasan kenapa suatu negara belum maju.

Beberapa ahli memberikan pendapat berbeda tentang pengertian negara berkembang. Menurut Maluyu S.P. Hasibuhan misalnya, negara yang berkembang diartikan sebagai negara yang struktur ekonominya belum berkembang dan sedang dalam proses pembangunan.

Menurutnya, negara belum maju karena belum mampu memanfaatkan potensi atau sumber daya yang dimiliki negara tersebut.

Sumber daya alam yang belum terolah menjadi faktor penyebab negara tersebut belum maju. Makanya nih buddies, coba kita gali potensi yang ada di negeri kita yuk, barangkali dalam beberapa tahun kedepan negara kita bisa menjadi negara maju.

Oh iya, selain Indonesia, kalian harus tahu negara yang berkembang terdapat di wilayah mana saja ya.  Persebaran negara yang berkembang terdapat di seluruh negara Asia Tenggara (kecuali Singapura), Benua Afrika (misalnya Kenya, Nigeria, Kongo, dsb), Benua Amerika (misalnya Republik Dominika, Panama, Jamaica, dll), serta di benua Eropa (Argentina, Rumania, Kolombia, dll).

Indikator untuk melihat negara yang masih berkembang dapat dilihat dalam gambar ini ya buddies..

ciri ciri negara berkembang

Agar kalian lebih memahami ciri-ciri dari negara yang berkembang, baca penjelasan ini yuk!

  • Pertumbuhan penduduk

perkembangan penduduk

Salah satu masalah kenapa negara belum maju dikarenakan tingginya pertumbuhan penduduk negara tersebut. Ini juga ya yang menjadi alasan mengapa Indonesia belum maju. Pantas saja pemerintah melalui BKKBN selalu menyuarakan slogan “dua anak cukup”.

Gak salah sih buddies, hal tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan angka pertumbuhan penduduk di Indonesia.

Sebenarnya, tingginya pertumbuhan penduduk bisa saja terjadi karena pengaruh tradisi. Di Indonesia nih misalnya, kalian tentu sering mendengar istilah “banyak anak banyak rezeki” kan? Karena tradisi tersebut, masyarakat memiliki anggapan kalau semakin banyak anak semakin banyak rezekinya.

Gak salah sih, karena memang nyatanya anak adalah salah satu bentuk rezeki ya? Tradisi tersebutlah yang menjadi salah satu faktor tingginya pertumbuhan penduduk di negara yang berkembang seperti Indonesia.

  • Tingkat Pendidikan

Jika di negara maju, tingkat pendidikan masyarakat tentu sudah tidak diragukan lagi ya? Pasalnya, negara maju menyediakan jaminan pendidikan dasar untuk seluruh warganya. Bahkan, mereka selalu mengembangkan sistem pendidikan yang student friendly agar pembelajaran berjalan nyaman dan menyenangkan.

Kalau di negara yang berkembang sih sistem pendidikannya belum bisa sebaik di negara maju ya. Karena itulah tingkat pendidikan di negara yang berkembang masih tergolong rendah.

  • Tingkat Pengangguran

Tingginya tingkat pengangguran juga merupakan salah satu alasan kenapa negara belum maju. Hal ini terjadi karena kesempatan kerja tidak sebanding dengan banyaknya penduduk. Lowongan pekerjaan yang tidak tersebar dengan merata juga menjadi faktor tingginya angka pengangguran.

Pantas saja ya buddies, pemerintah kita saat ini terus mencanangkan program ekonomi kreatif yang mendorong peningkatan kesempatan kerja dan pendapatan ekspor negara.

  • Pendapatan Perkapita

Pendapatan perkapita di negara yang berkembang tentu tidak sebesar di negara maju. Pendapatan perkapita yang rendah mengakibatkan tingginya jumlah kemiskinan negara tersebut. Rendahnya pendapatan pertahun negara juga dikarenakan masih banyaknya pengangguran.

  • Mata Pencaharian

Sebagian penduduk di negara berkembang biasanya memiliki mata pencaharian di sektor primer seperti sektor pertanian. Bertani merupakan mata pencaharian utama dari negara yang berkembang. Berbeda dengan negara maju yang cenderung memanfaatkan sektor industri dan jasa sebagai mata pencaharian utama.

  • Tingkat Kesehatan

Belum meratanya fasilitas kesehatan juga menjadi faktor belum majunya suatu negara. Di negara maju misalnya, masyarakatnya sudah memiliki jaminan dan fasilitas kesehatan yang memadai. Tapi, Indonesia sebagai negara yang berkembang sebenarnya juga memberikan jaminan kesehatan untuk warganya lho.

Kalian tentu pernah dengar BPJS Kesehatan kan? Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan BPJS Kesehatan memberikan jaminan untuk warga yang kurang mampu. Jaminan ini diberikan dalam bentuk Kartu Indonesia Sehat.

  • Teknologi

Dalam hal teknologi, negara yang masih berkembang cenderung menggunakan alat-alat tradisional. Penguasaan teknologi yang kurang pada masyarakat di negara yang berkembang terjadi karena kurangnya pengetahuan atau rendahnya tingkat pendidikan.

Tantangan yang dihadapi

papan catur

Tantangan yang dihadapi negara yang berkembang terjadi dalam berbagai sektor. Dari sektor ekonomi misalnya, tantangan yang dihadapi adalah melemahnya mata uang negara.

Seperti dikutip dari CNBC Indonesia, wakil presiden Jusuf Kalla menyampaikan bahwa tantangan negara berkembang seperti Indonesia adalah resiko keluarnya arus modal dari dalam negeri dan pelemahan mata uang. Beliau mengungkapkan bahwa untuk mengatasi hal tersebut, Indonesia terus mengupayakan solusi terbaik.

Contoh nyatanya misalnya memperbaiki proses birokrasi dan melawan tindakan korupsi yang ada di Indonesia.

Selain melemahnya mata uang, tantangan lain yang dihadapi negara yang berkembang adalah masalah pengangguran. Tadi sudah dijelaskan di atas ya buddies, kalau tingginya angka pengangguran adalah satu dari sekian banyak permasalahan yang dihadapi negara yang berkembang.

Untuk mengatasi peningkatan angka pengangguran pada beberapa tahun ke depan, tentu pemerintah harus mengupayakan usaha terbaik untuk menyikapi permasalah ini. Menciptakan lowongan pekerjaan, meningkatkan soft skill masyarakat, serta mendorong industri kreatif menjadi solusi yang dapat diupayakan oleh pemerintah.

Tantangan lain yang harus dihadapi negara yang belum maju adalah toleransi dan keberagaman. Keberagaman di satu sisi memberikan warna bagi suatu negara. Akan tetapi, di sisi lain hal ini dapat memicu konflik dan perdebatan.

Kita lihat saja di Indonesia akhir-akhir ini. Tentu kalian sering mendengar isu SARA yang sering menimbulkan konflik di berbagai daerah kan? Konflik yang terjadi karena perbedaan pendapat, kepercayaan, adat istiadat terjadi karena kurangnya toleransi.

Masalahnya, kita terlalu sibuk berdebat tentang benar dan salah, sampai lupa bahwa keberagaman adalah sebuah anugerah. Kita doakan semoga Indonesia selalu menjunjung toleransi dan aman dalam keberagaman negeri ini.

KAMU HARUS TAHU!

budaya membaca buku di jepang
image by: footage.framepool.com

Jepang adalah salah satu negera maju di dunia. Kalian tahu gak fakta menarik kenapa Jepang bisa jadi negara maju?

Di sana masyarakatnya rajin-rajin lho. Saking rajinnya mereka, waktu luang dimanfaatkan untuk membaca buku. Kalau kita sih, nganggur gitu mending buka instagram nontonin ig stories ya?

Seandainya waktu senggang kita digunakan untuk membaca buku. Lima atau sepuluh tahun ke depan negara kita mungkin bisa jadi negara maju. 

Nah, gimana nih, setelah menyimak penjelasan di atas kalian jadi tahu ciri-ciri negara berkembang dan apa saja indikator untuk melihatnya kan? Semoga bermanfaat buat kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *