Khimchi

Jangan Ngaku Pecinta Korea Kalau Belum Coba 7 Makanan Khas Korea Ini!

Posted on
Khimchi

Demam Korea memang sedang melanda dunia, mulai dari musik K-Pop, drama, hingga ke segala hal yang berbau Korea, termasuk makanannya. Terutama di drama Korea, kamu bisa melihat sang aktor terkadang menikmati aneka macam makanan khas Korea.

Melihat makanan-makanan tersebut yang terlihat begitu nikmat, tentunya membuat penonton ikut meneteskan air liur. Di antara banyaknya makanan-makanan Korea, berikut merupakan 7 makanan Korea yang harus kamu coba, terutama yang paling sering muncul di drakor.

Daftar Makanan Khas Korea Paling Terkenal di Indonesia

Mungkin di negara asalnya, ada banyak makanan yang menjadi ikon dari negara Korea Selatan yang sedang menggemparkan dunia. Namun, berikut daftar beberapa makanan Korea yang sangat terkenal di Indonesia.

  1. Ramyeon

Ramyeon Makanan Khas KoreaMakanan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di mata para pencinta K-Drama yang sangat mendunia. Bagaimana tidak, dalam setiap drama berkonsep modern pasti memunculkan scene makan ramyeon atau ramen.

Ramyeon merupakan makanan yang berupa mie instan khas Korea dengan kuah merah, kental, dan ukuran mie yang lebih besar dari mie instan yang ada di negeri kita tercinta. Agar terasa seperti di dalam drama, kamu bisa makan ramyeon dari pancinya secara langsung.

  1. Kimchi

Khimchi
Sumber : https://www.resepmami.info

Bisa dibilang kimchi merupakan ikon kuliner Korea yang paling terkenal di dunia, bahkan dinobatkan menjadi makanan paling sehat sedunia. Sangkin terkenalnya, sekarang kimchi juga ada di seluruh dunia dalam bentuk kemasan praktis.

Kimchi merupakan makanan khas berupa fermentasi sayuran, biasanya adalah sawi putih, lobak, atau mentimun yang sudah diberi bumbu berupa pasta cabai dan yang lainnya. Rasa kimchi cukup segar dan cenderung asam karena merupakan hasil fermentasi. Atau kamu ingin mencoba sendiri di rumah bisa juga ikutin resep khimchi di blog resepmami.info

  1. Tteokbokki

TteokbokkiPencinta jajanan pinggir jalan Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tteokbokki. Makanan yang satu ini memang sangat banyak ditemukan di pinggiran jalan karena memiliki banyak penggemar.

Tteokbokki merupakan kue beras ketan yang dicampur saus pedas khas Korea dan biasanya juga dicampur dengan bahan lainnya, seperti bakso atau ikan teri. Pencinta K-Pop dan K-Drama harus coba makanan yang satu ini karena sekarang sudah ada versi kemasannya dan tentunya halal.

  1. Gimbap

GimbapSewaktu melihat tampilan makanan yang satu ini pasti kamu sedikit terkejut karena memang mirip dengan tampilan sushi dari Jepang. Jika sushi kebanyakan berisi daging ikan mentah, gimbap biasanya memiliki isian berupa daging matang, telur, ikan, dan daging.

Sayuran yang biasa dijadikan isian adalah mentimun, wortel, bayam, maupun acar lobak. Nasi yang dipakai sebelumnya telah dibumbui dengan garam dan minyak wijen, atau ada juga yang menambahkan sedikit cuka.

  1. Jjajangmyeon

JjajangmyeonJjajangmyeon merupakan makanan Korea yang memiliki tampilan berupa mie dengan saus hitam. Warna hitam tersebut ditimbulkan dari penggunaan saus kedelai hitam sebagai campuran mie. Selain itu, kamu juga bisa menjumpai daging, sayur, atau seafood dalam mie ini.

Bisa dikatakan bahwa jjajangmyeon merupakan mie ayamnya Negeri Ginseng, karena isiannya yang cukup mirip.

  1. Bulgogi

BulgogiSetelah tadi ada gimbap yang mirip dengan sushi, makanan Korea selanjutnya yang mirip-mirip dengan masakan Jepang adalah bulgogi. Jika Jepang punya yakiniku, maka bulgogi ini merupakan yakiniku-nya Korea.

Sama seperti yakiniku, bulgogi yang berupa lembaran-lembaran daging (sapi atau babi) akan dimasak dengan cara dipanggang, namun ada juga yang ditumis. Bumbu lumuran yang digunakan adalah kecap yang dicampur dengan bawang putih, gula, lada, jahe, dan juga minyak wijen.

  1. Japchae

JapchaeTerdengar mirip dengan capcai yang ada di Indonesia, rupanya keduanya bukanlah makanan yang sama. Japchae terbuat dari mie bihun dari tepung ubi yang dicampur dengan aneka sayuran dan juga bumbu kecap dan gula.

Sebelum dicampur dengan mie bihun, sayuran diiris memanjang dan tipis terlebih dahulu. Makanan ini tak hanya enak, tapi juga menyehatkan karena banyaknya sayuran di dalamnya. Rasanya cukup kenyal, lebih nikmat lagi jika dimakan dengan daging.

Ketujuh makanan khas Korea di atas sangat direkomendasikan untuk dicoba, terutama bagi kamu yang suka dengan sesuatu berbau Korea. Bagi kaum muslim, mungkin harus lebih berhati-hati saat menikmati makanan-makanan tersebut di negara asalnya karena terdapat beberapa bumbu dan daging yang tidak halal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *